Assalaamu’alakum warah matullahi wabarakatuh,

Ada kesan, pesan, kritikan maupun saran yang ingin disampaikan..?

Silakan isikan di buku tamu ini…

 

 

 

 

 

 

 

jazakallah :)

151 Responses to “Buku Tamu”


  1. 1 Ruslan Abdulgani August 16, 2008 at 1:22 am

    assalamu’alaikum,

    alhamdulillah, akhirnya ada sarana kita untuk mempererat silaturahim

    semoga allah meridhoi segala usaha kita

    amin

    Wassalam.

  2. 2 hana August 20, 2008 at 1:39 pm

    Assalamu’alaikum

    howdy, everybody??

    i’m hana.

  3. 3 Rizki Wulandari September 3, 2008 at 11:08 am

    assalamu’alaikum……..
    kaifa halukum ya akhi wa ukhti?
    ahtaju kullukum bil khoir…..
    alhamdulillah, silaturahmi kita akhirnya bisa terjalin kembali. semoga ridho NYA menyertai. walau mungkin kita tak saling berdekatan tapi semoga jarak tak memutuskan silaturahmi yang terjalin karena Allah ini. amin

  4. 4 immuii September 13, 2008 at 4:09 am

    immuii.wordpress.com

    semoga bermanfaat…

  5. 5 Syuhada' 03 September 14, 2008 at 5:28 pm

    Luar Biasa…, tidak disangka kta berjumpa lagi..!
    Alhamdulillah sudah ada wadah silaturahmi nih.., tebar informasinya ya… ^_^

  6. 6 Muhammad Amin September 19, 2008 at 7:12 am

    Amin ’04
    Kuliah dmn nie bG syuhada???
    Masih Ingat ga ma aQ???
    Muhammad Amin, tp aQ dulu mpe MTS za….
    Wah Alhamdulillah banget nie bisa ktemu ge ma Alumni Pon-Pes…
    Walaupun di dunia maya…. hehehe………..

  7. 7 Syuhada'03 September 25, 2008 at 3:02 pm

    Muhammad amin yang agak lugu itu ya…?
    abang kuliah di UII jogja ngambil program studi psikologi dan double ama di UIN SUKA Jogja ngambil Manajemen Dakwah, baru aj lulus dri sarjana psikologi.
    alumni pondok ada beberapa di UII,

  8. 8 sukma October 2, 2008 at 11:41 am

    salam alaikum
    sukma hadir
    hahahaha wassalam

  9. 9 suwer October 15, 2008 at 3:14 pm

    Bravo alumni kuala madu

  10. 10 kholifah apriliana October 17, 2008 at 4:08 pm

    assalaamu’alaikum, wah..subhanallah mkin bnyk yg trkumpu alumni2 Pon Pes^_^, smga aj ukhuwah ni ttp trjaga..dn smkin ert(amin)
    mau’y ad sdikt memory y..tntg Pon Pes kita di sni(yg baik2 aj dn yg lucu)^_^cuma usulan aj..
    y dh..slm ukhuwah y tmn2..nih almt FS dn YM’y iffa entr diskusi breng2 y..(putriapriliana@yahoo.co.id)
    wassalam..^_^

  11. 11 Indra Kusuma October 30, 2008 at 3:16 pm

    Alow Abangda,Adinda,My Friend’z
    Sehatnya Klen…?
    Nama:Indra Kusuma ’05
    Nama Pondok : SAMIN << Lucu juga yahh :))
    anak: Mamak Awak Lha

    Bang Thamrin,Bang Aam dan abang2 awak yang Laenya SaLam Kangen dari aNe My Friend’z Sukma,Joko Subandrio dan ALL My Frind’z deh yang ada di mana pon Kalian ada
    Ntuk Sukma cepat kow balek aku rindu juga liat kow..YM ku lagi kena Modifikasi dikit dabar kita chat ntar aku kabari kow
    Dah lah Panjang kale Awak Cakap Muak Pola kelen nanti
    Salam Kangen aMa Buya Supriaya..lhauhauhauhauha Singa Pondok
    Just Kidding Ah

    dah ya
    ASSalamu a’Laikum Smua
    See U

  12. 12 syahdam November 1, 2008 at 9:47 am

    assalualaikum,
    hi with syahdam, ye blm knal ya, liat ja di profile. aq senang bisa ada ni site, tau ga’ q sediit sedih tuh ga’ tau sapa ja alumni2 pondk tercnta, olah karena syukur ya kita da fasilitas ini.

  13. 13 Syuhada'03 November 5, 2008 at 7:42 am

    Kawan… kwan kunjingi
    Site Ku ya..!
    lihat photo siapa tau kwan ada disana
    http://www.syuhada09.multiply.com

  14. 14 Thamrin _arthur November 11, 2008 at 5:38 pm

    Ass.. wah ga nyangka aja abang banyak yg suka ama tu cerpen hamdani…
    oke dehh ntar abang coba kabarin dia n suruh buat cerpen baru lgi..

  15. 15 Thamrin _arthur November 11, 2008 at 6:01 pm

    Sepertinya setelah saya amati kayaknya saya angkatan paling tua nih..
    oh ya untuk masalah foto2 pondok innyaallah saya punya banyak…
    meliputi kegiatan pengabdian,serah terima ketua IRM,Muhadharohh.. ampe acara drama arena panggung gembira..
    insyaallah dalam waktu dekat ini akan saya upload..
    thakss.

  16. 16 syuhada'03 November 12, 2008 at 5:20 pm

    iya bang thamrin.., upload yo….

  17. 17 Thamrin_arthur November 12, 2008 at 6:28 pm

    Innalillahi Wa Innailaihi Rajiun..
    apa yg datang dari nya akan kembali padanya
    telah berpulang ke rahmatullah orang tua (ibu) dari kawan,saudara ,kakak kita Atika Ahmad tadi pagi tepatnya jam 9.10 di rumahnya jl.Zainal Arifin Stabat dikarenakan sakit
    Atika Ahmad angkatan IX (Arthur)

  18. 18 sunario November 15, 2008 at 4:34 am

    assalamualaikum. apa kabar teman2 smuanya? wah maaf ne ana hadirnya terlambat ne. habis baru tahu kl pondok dah punya website sbg ajang silaturahmi. leh gak ank kairo ikut nimbrung berbagi cerita ame teman2 pondok sklian? salam kenal bwt smuanya. smg acara reuni 2009 di bln februari sukses sbg alat penyambung silaturahmi. met bagi akh syuhada’ yg dah sarjana dan mendahului ana ne. smg ilmunya bermanfaat dunia dan akhirat. dah dulu yahhhhhhh. wassalamualaikum.

  19. 19 sunario November 15, 2008 at 2:42 pm

    sbg pererat silaturahmi, gimana kl ada teman yang buat milis pondok bersama biar tambah ramai informasi dan tambah dekat silaturahmi kita. hehehe. dari suara anak kairo yang diwakili sukma, oki dan bang rifai’i. salam buat teman2 smua yang hadir di web ini.

  20. 20 aji November 17, 2008 at 6:55 am

    assalamualaikum…
    alhamdulillah…makin rame deh ni our blognya ye…
    senangnya…^_^
    oia…
    insyaallah 08 februari 2009 akan diadakan acara silaturrahmi akbar di PONPES tercinta kita…
    dont miss it ye..
    doain biar acaranye sukses..
    all wong jogja juga pada dateng ye…
    untuk akhi,ukhti,salu..t buat antum semua
    syukron…

  21. 21 thamrin_arthur November 27, 2008 at 11:28 am

    saya ada kirim foto ke email pondok
    untuk admin tolong diaprove juga ke FS dan WordPress ini.
    thakss.
    thamrin_arthur

  22. 22 thamrin_arthur November 27, 2008 at 12:02 pm

    oh ya kalau foto baru saya ga punya..
    tu foto sekitar tahun 2001-2002..moga bermanfaat..
    kalau fotonya masih kurang tinggal bilang ja..
    insyaallah akan sya tambah lagii…
    untuk commen dari mantan ketua IRM yang di minta admin kepada saya..belum sempat
    saya buat,sabar ya..
    soalnya lagi sibuk di kejar deadline..
    thaks..alll
    thamrin_arthur

  23. 23 sunario November 30, 2008 at 1:51 pm

    assalamualaikum. apa kabar teman2? moga sehat dan baik2 az kan? oh, ya gimana persiapan reuni akbar 2009 nya? apa az tujuan diadakan reuni itu? smg persiapannya matang dan tidak mengecewakan. maaf belum sempat mampir ke pondok dan memberikan kontribusi real demi kemajuan pondok. moga pondok tetap jaya dengan adanya loyalitas santri dan santriah yang tinggi. walau kita tak bisa berdedikasi secara langsung dengan adanya silaturahmi ini jadi sarana kita memajukan pondok tercinta kita. amiiiiiiiiiinnn

  24. 24 sholeh purwo aji'06 December 4, 2008 at 1:44 pm

    waalaikumsalam my brother bg naryo…
    jauh juga ya maen2nya?
    alhamdulillah kami yang di medan baek2 ja,mewakili temen2 n panitia “SILATURAHMI AKBAR”
    Hari/tgl :08 februari 2009
    Tempat :Our Pondok Tercinta(Pastinya)
    Waktu :0800 s/d 1800

    Insyaallah,kami usahakan sebaik mungkin untuk acara ni…
    mohon dukungannya juga dari semuanya…

    amiiin

    “say with the music”

  25. 25 thamrin_arthur December 6, 2008 at 9:39 am

    gimana ni perkembangan reuni akbarnya..???
    kok adem2 aja..
    ga da kabrnya…

  26. 26 sunario December 6, 2008 at 11:26 am

    TUK PONDOKKU TERCINTA

    Dari sini berawal
    Perjalanan bersama kamu
    Di pondok Kwala Madu

    Pondok tempat kita bermimpi
    Mempersiapkan masa depan yang kita idam-idamkan

    Enam tahun aku bersamamu
    Ku rasakan jiwaku semakin menyatu
    Ingin aku memelukmu
    Setelah berpisah sekian tahun lamanya
    Oh… pondokku

    Kini tiba saatnya
    Kita akan berkumpul kembali
    Bercerita segalanya
    Menumpahkan hasrat rindu
    Tak terbendung

    Di acara reuni Akbar 2009
    Ku berharap ini menjadi langkah awal
    Membangun pondok tercinta
    Lewat loyalitas dan dedikasi santri dan santrihnya

    ku persembahkan coretan singkat tanpa makna ini sebagai rasa syukurku terlaksananya reuni akbar yang kedua “mungkin” (da lupa tu) maaf da lama ga berkomunikasi sama ketua reuni kedua saudara Abrar Rahman…heheheh pada ketua baru Suardiyansyah ttp semangat ya smoga acaranya lancar dan penuh makna kebersamaan….

  27. 27 hasnan aulia haq December 6, 2008 at 4:58 pm

    assalamu’alaikum…

    betapa bahagia bila mengingat saat di pondok..
    satu kenangan yang tak kan pernah kita lupakan…

    salam jumpa kembali buat semua…
    abang2 n kakak2 q, n temen2 yang laen…

    semoga ukhuwah kita tak terpanah putus walau waktu masih terus berjalan…

  28. 28 sunario December 6, 2008 at 6:55 pm

    O… my brothers

    perasaan ku terbentur kaca-kaca kehidupan
    mencari serpihan yang t’lh pecah
    dimakan masa

    ketika hatiku remuk
    dengan keadaan
    engkau hadir membawakan
    segelas kerinduan

    O… my brothes
    hatiku bergembira
    saat pertemuan nanti
    kita bisa saling berpelukan
    bercerita…
    berdongeng…
    sampai menjelang pagi
    berkumandang azan
    kita shalat berjamaah
    s’moga kita bisa bertemu nantinya
    di surga-Nya yang dijanjikan

    aku persembahkan buat teman2 yang masih mengenalku di pondok
    s’moga ini menjadi awal pertemuan kita yang baik

  29. 29 sunario December 7, 2008 at 7:06 am

    met iedul adha 1429 mohon maaf lahir dan batin ya baik lisan, tulisan, maupun perbuatan, smoga amalan ibadah kita diterima di sisi-Nya. amin

  30. 30 sunario December 7, 2008 at 7:10 am

    Napak Tilas Kairo 2003-2008

    Dengan semangat tekad yang kuat
    Aku berlari mengejar mimpi
    Berharap s’mua cita-cita terkejar

    Duduk menyepi diriku di belakang rubat 10
    Bersama ramadianto di akhir
    Aku meninggalkan pondok
    Melihat gemerlapan bintang-bintang di langit
    Becerita ingin memiliki bintang – bintang

    Tibalah saatnya bintang itu ku raih
    Namun aku terjatuh setahun di kota jakarta
    Aku melamun dan merenungi perubahan
    Hingga lima tahun lamanya aku di kota Kairo
    Aku masih belum menemukan makna
    Indahnya bintang itu

    Satu per satu teman-temanku hadir
    Memberiku semangat
    Melembutkan kembali hati yang t’lah berkarat
    Dengan lamunan memegang bintang di langit
    Yang semakin jauh dari harapan

    Sekarang aku baru mengerti apa itu bintang
    Yang hanya indah dipandang mata
    Tapi bila dikejar hanya membawa derita

    Hiduplah apa adanya
    Tapi bukan berarti menyerah
    Tanpa usaha

    Di kairo inilah aku mengerti
    Hikayat hidup
    Yang tidak hanya sekedar belajar ilmu
    Tapi juga belajar mencari kehidupan

    Di bawah menara Al-Azhar University
    Aku bernaung
    Berharap menjadi salah Satu
    Pondasi penegak

    Kini setahun lagi
    Bintang itu akan kuraih
    Ku harap doa teman-teman
    Agar aku tetap sabar
    Untuk memeluknya

    Specially for ortuku dan keluargaku yang selalu mendoakan aku
    Guru-guruku yang dengan ikhlas mengajariku murid yang bandel
    Para pengasuh pondokku yang dengan kesabaran menjagaku
    Bu Barnali sekeluarga, Bu Tala Sekeluarga, Bu Almu Sekeuarga Buya Supriayadi Sekeluarga, Ust. Khairul sekeluarga, dan Ust. Amin Sekeluarga yang t’lah membantuku baik moril dan materi
    Kakak-kakakku yang selalu menasehatiku
    Teman-teman yang selalu mendorongku untuk bangkit selalu
    Adik-adikku yang selalu memberiku semangat
    Dan terakhir specially my goodfriends Ramadianto, Syuhada, Ruslan, Ramdani, Umi, Elisa, dan Riska
    Kehadiran antum sekalian membuatku hidup semakin hidup

    Kairo, 07 Desember 2008, Pukul 09.03 pagi

  31. 31 Ramdani December 7, 2008 at 9:43 am

    Aslmlkm..ihwan&akhwt fillah
    ajang ini adlh wdh yg sgt tpt
    untk kt mnjln strhmi.mnjlin
    ukhwh islmyh y slm ni trpts
    krn jrk&wkt.mr kt cptkn kmbli
    ukwh islmyh kt yg smpt trpts.
    Jazallah bwt yg mncptkn srn
    ini.

  32. 32 sunario December 8, 2008 at 6:26 am

    met iedul adha semuanya!!! inilah iedul adha ku yang ke-6 di kota
    kairo penuh warna-warni kesaksian bisu dari penderitaan yang terus
    mendera. berharap dapat berkumpul dengan adik2 di hari yang bahagia
    ini tapi itu hanya sebuah harapan. pada hanif, irwansyah, dan mukhlis,
    abng selalu menanti kehadiran antum sekalian. ttp selalu semangat
    ya…? bang rifa’i sekeluarga, sunario, dan oki kami dari kairo
    mengucapkan selamat iedul adha ya pada teman2 sekalian.

  33. 33 sunario December 9, 2008 at 8:53 pm

    indahnya beriedul adha di kota kairo
    Senin, 08 Desember 2009 – 10 Dzulhijjah 1429 H

    gami’e news; selepas shalat shubuh di mesjid Nur Muhammadi di hari-H menjelang shalat iedul adha, Kairo diguyur hujan. hujan yang hanya terjadi setahun sekali sebagai pertanda t’lah masuknya musim dingin di kota seribu menara. meskipun hujan yang turun hanya sebentar cukup membuat kota kairo kadang sampe terendam. tapi pagi ini hujan yang turun rintik-rintik tidak terlalu deras membuat basah jalanan. shalat iedul adha yang dilaksanakan di lapangan su’uq sayyarat diharidi banyak jama’ah dari setiap negara. ternyata hujan selepas shalat shubuh tidak menyurutkan niat orang beribadah. padahal dinginnya musim dingin sangat menusuk tulang. dengan niat ikhlas semuanya terlewati dengan tenang. ya Allah terimalah ibadah kami sebagai bakti kami pada-Mu ya Allah

    selepas shalat iedul adha di lapangan su’uq sayyarat, pemotongan hewan kurban pun menjadi pemandangan tradisi setahun sekali. di setiap gang, pemotongan massal hewan kurban dilaksanakan. dan semua daging didistribusikan kepada yang berhak menerimanya. terutama mahasiswa asing sangat merasakan kebahagiaan tak terkira karena bisa makan daging selama seminggu, gratis.

    dan sebagai pelepas rindu, mahasiswa indonesia yang tidak bisa berhari raya di kampungnya masing-masing, telah disediakan sarana tersebut yang diadakan di mesjid salam oleh pihak KBRI. ajang pelepasan rindu ini rutin diadaka setiap lebaran, iedul fithri dan iedul adha. yang ditandai dengan makanan khas daerah masing-masing dan ditutup dengan salam-salaman sebagai pengikat tali silaturahmi.

    sekian berita laporan kami dari gami’e news, bila ada yang kurang berkenan mohon maaf.

  34. 34 RAMDANI December 11, 2008 at 7:41 pm

    teman ketahuilah bahwa tiada yamg paling berharga dalam hidup kecuali ilmu yang berguna bagi agama dan negara,so belajarlah demi menggapai ilmu.

  35. 35 sunario December 11, 2008 at 9:27 pm

    wah, kelihatannya saya undur diri ya dulu! mungkin akan absen selama dua bulan ne, nggak bisa ngisi forum silaturahmi. maaf ada hal penting, pengen menyendiri dulu dari dunia luar. salam buat semuanya. bravo n always on success ochle…

  36. 36 sunario December 13, 2008 at 6:48 pm

    main yuks…

    da lama kita gak pernah main-main lagi ya. iya, da rindu ne dengar i’lan pondok. dengar bang rois bahasa mengumunkan nama-nama pelanggar bahasa. aduhhh…deg-deg-an…ne…soalnya takut banget kl namaku sampe kena panggil malam ini. paksa deh aku harus siap-siap pake sarung kalo tidak…aduh…gak kebayang sakitnya rotang melayang ke paha dan betis kaki…itu baru lembaga bahasa…belum lagi dari lembaga dakwah dan keamanan…ampuuuuuunnnn…gak kuatttttttt neee…

    jadi rindu dengan suasana siksaan pondok ne…walau aku sejak tsanawiyah gak pernah merasakan siksaan pondok dari senior, karena aku termasuk santri yang baik dan rajin…heheheh…tapi jangan salah sangka dulu, aku juga pernah berkelahi sesama teman, tapi bukan anggar jago, cuma anggar kekuatan aja…hehehe

    jadi pengen main lagi ne…main yukkkkkkkkkk

  37. 37 sunario December 15, 2008 at 1:40 am

    Di saat Kau mendoakanku di shalat malammu

    “Assalamualaikum”. Anto menyapa.
    “Wa’alaikum salam”. Jawabku.
    “Yo’, kamu serius mau ngelanjut kuliah ke Mesir? Apa tidak terlalu jauh itu?”
    Aku kebingungan. Di dalam diriku, sebenarnya aku masih ragu dengan kemapuanku. Tapi teman-teman selalu mensupportku bahwa aku bisa.
    “Mungkin.” Itulah jawaban singkatku.

    Di shubuh hari yang cerah di bawah cahaya lampu, aku bersandar di samping mesjid. Sambil membaca Al-qur’an dan memuraja’ah, aku kembali berfikir berulang-ulang akan niatku.
    “Ah, apa aku bisa seperti bang Aam, yang memiliki kemampuan bahasa arab di atas ku?” kata-kata ini terus mengusik kalbuku. Setiap harinya, aku seperti tidak memiliki keyakinan akan kemampuanku. Tapi…bagroundku sebagai ketua bahasa dulunya dan sebagai santri yang baik dan berkapabel…”Aduh, kepalaku pusing”.

    Tepat tanggal satu bulan April, aku pergi mendaftar bersama ust Amin ke IAIN. Dengan rasa percaya diri yang kurang, aku ingat wajah orang tuaku. Keinginan keluargaku agar aku menjadi yang terbaik, keinginan keluargaku agar aku menjadi orang sukses nantinya…ya seribu dorongan yang akan terus mensupportku untuk selalu maju.
    “Yo, kamu kok kelihatan murung?” Ust. Amin membuyarkan lamunanku.
    “Iya, Ustadz. Aku seperti tidak memiliki keyakinan untuk berangkat ke Mesir?”
    “Yang penting kamu berusaha dulu seperti akh Aam.”
    “Ya, Ustadz!”

    Dalam hatiku masih berkecamuk, antara keraguan dan keyakinan. Hanya dengan bermodalkan lima puluh ribu uang pendaftaran yang diberikan mamaku menambah keyakinanku sedikit. Uang sebanyak itu telah ada di tanganku dengan keringat bercucuran untuk mendapatkannya. Aku tidak boleh menyia-nyiakan usaha mereka semuanya…
    “Bismillah…”, aku ucapkan dalam hati.

    Semenjak aku masuk di pondok, keinginanku cuma satu “ingin menjadi yang terbaik”. Kegemaranku ingin berlatih silat baik karate dan tapak suci tidak terlalu disalurkan. Keadaan waktu itu tidak terlalu mendukung bakatku. Apalagi lingkungan pondok waktu aku Tsanawiyah lumayan keras. Semuanya maen kekerasan. Kami yang junior kadang menjadi suruhan senioran. Ya, begitulah aku dulu di Tsanawiyah. Tapi aku bersyukur dari kekerasan lingkungan aku bisa berfikir positif.

    Dari lingkungan asrama menuju lingkungan mesjid. Dari sinilah perubahan sikap positifku. Walau pertamanya aku juga pernah putus asa dan tidak ingin melanjutkan sekolah lagi, tapi waktu itu Bu Almu membantuku. Bu Almu memberiku suggesti berarti bahwa hidup itu penuh perjuangan. Aku tersentuh dengan kata-katanya.

    Hamper tiga tahun lamanya aku tinggal di mesjid, dan alhamdulillah selama tinggal di sana, aku mendapatkan diriku amat berubah. Lingkungan yang semangat bekerja dengan ikhlas, beribadah sampe belajar. Bang Surip, bang Anjas Nanang aduh abang siapa lagi ya, aku lupa, yang penting thanks for you forever.

    Bila mengingat masa lalu…hiks…hiks…hiks…aku jadi sedih. Perrjuangan mereka selama ini tidak boleh aku sia-siakan. Itulah tekad bulatku.

    Ujian pondok dan umum sudah dekat. Aku harus mempersiapkannya. Al-Qur’an dua juz harus sudah jâhiz. Ya, tanggal 1 Mei 2003 aku harus berjuang mati-matian. Di sanalah awal babak kehidupanku akan dimulai. Setelah beberapa pertimbangan, aku lebih memilih Mesir dari pada tawaran Pak Firmali untuk ngambil jalur SPMB dan PMDK bagi yang berprestasi 10 besar. Tapi temanku Yuni Sari, yang dulunya pengen juga ngambil ke Mesir malah membatalinnya. Hilang de harapan. Heheheh…

    “Waduh, jadi nggak ada ustadz yang bisa menemaniku, Buya?” aku bertanya pada Buya Supriyadi di kantor Tsanawiyah.
    “Iya, semuanya pada sibuk ngawas ujian, Naryo.”
    “Padahal Buya aku juga nggak terlalu mengerti Medan, ntar kalau kesasar?”
    “Kamu tanya aja rutenya sama Ustaz Amin, ya!”
    “Kalau begitu, okelah Buya saya berangkat. Mohon doanya.”
    “Sama-sama.”

    Bismillah, aku harus berani.

    Wah, modal nekat dan berani ternyata masih kurang ya. Aku lihat calon pendaftarnya keren-keren semuanya. Dari tampangnya meyakinkan. Sedang aku biasa-biasa aja. Kelihatannya aku harus pake jurus kedua ne. percaya diri dan tawakkal. Kalau tidak aku akan gagal. Ya Allah tunjukilah jalan yang terbaik bagi hamba.

    Alhamdulillah semua ujian t’lah aku lewati. Ujian tulisan yang tidak cukup sulit tidak sesulit ujian masa bang Aam waktu itu, dan ujian Al-qur’an yang juga mudah.
    “yo’, kamu jangan lihat kemudahan yang ada, tapi kamu harus banyak berdoa dan jangan lalai, ya.”
    “Ya, ustaz.”

    Benar kata Ustaz Amin aku terlalu menganggap mudah ujiannya, habis sangat berbeda sekali ketika bang Aam ujian setahun yang lalu. Katanya sangat sulit dan penuh persaingan. Tapi aku tidak boleh lalai karena lalai itu membuat kita lupa di sana ada scenario di belakang layar yang mengatur semuanya.

    Di dalam sujudku aku selalu berdoa dan memperbanyak shalat malam. Di selang-selang ujian UAS, ujian umum dan pondok, aku terus berdoa.

    O… bintang-bintang di langit-langit
    Perhiasan di malam hari
    Bersama cahaya bulan yang menemani
    Keindahannya bertambah indah
    Kecantikannya bertambah cantik
    Ingin aku menjadi bintang dan bulan
    Sebagai perhiasan dan penerang
    Di hati umat yang tergelapi
    Gemerlapan fatamorgana keindahan duniawi

    Kairo, 15 Desember 2008 pukul 03.34 di sela-sela malam yang sangat dingin menusuk tulang. Ku persembahkan tulisan ini sebagai renungan dan kenanganku selama di pondok baik suka dan duka. Maaf kalau ada yang kurang berkenan…

  38. 38 ananmoe December 15, 2008 at 2:55 am

    buat bang naryo…

    semoga ceritanya bisa jadi inspirasi buat diriku n temen2 yang laen bahwa yang namanya perjuangan tu gak mudah….

  39. 39 ananmoe December 15, 2008 at 3:28 am

    o ya, teringat bang sunaryo teringat juga pas ane kena lughoh (gak salahkan lughohnya??)

    ane jadi teringat kejadian lucu waktu kena lughoh.. lucu, menggelikan tapi juga menyakitkan (karena kena pukul malemnya, kalo gak ya gak menyakitkan seh…) kejadiaanya didepan asrama 9..

    pagi itu setelah sarapan, ane ma temen2 uda mw pergi ke kelas karna da mw bel… ane uda siap sedia pergi mulai sepatu ampe buku2 tapi gak pake tas (kebiasaan anak pondok).. he3x…

    tapi ada temen yang lama banget padahal uda janjian sama2 ke kelas, dan dengan semangatnya ane manggil dia dengan setengah teriak “Ayo cepat, da mau terlambat ne!!??” (dengan bahasa indonesia yang amat fasih tapi satu hal yang amat dilarang di pondok) tanpa sadar ternyata dibalik tembok asrama ada ketua lughoh yang baru pulang sarapan (kalo gak salah bang iskandar perangin-angin).

    ketika ane noleh ke pintu pagar, muncul wajah abang tu yang sedang memandang wajah diriku, langsung aja ane tersenyum getir karena tau resiko yang akan terjadi karena ulah ku itu… walaupun itu cuma satu kalimat… mulailah timbul penyesalan..

    langsung aja satu harian itu ane deg degan…

    sampe malamnya setelah isya, tibalah pengumuman pelanggar lughoh…
    ane uda setengah yakin kalo nama ane pasti ada… (belum yakin kalo lum denger anam ane disebut) dan bener aja nama ane disebutin walaupun agak terakhir (tp sama aja diawal ato diakhir seh!?)…

    ya udah deh, sarapan malam lah ane malam itu… dengan beberapa kali salaman dengan bambu… he3x

    ampe sekarang ane suka lucu sendiri kalo inget itu… ane jadi dapet pelajaran..

    jangan pernah menggunakan bahasa indonesia di pondok walaupun sedikit apalagi didepan ketua lughoh karena itu akan memberikan konsekuensi yang sedikit menyakitakan

  40. 40 sunario December 15, 2008 at 4:02 am

    waduh jadi tersindir ne abang pernah menjabat ketua lughoh masa bang syuhada. jadi gak enak sama hasnan , walau bukan abang waktu itu. bang iskandar itu angkatan berapa ya, di bawah atau di atas abang atau satu angkatan dengan abang…maklum da tua jadi da lupa semuanya…

  41. 41 ananmoe December 16, 2008 at 9:37 am

    gak bermaksud menyindir ya bang…

    tapi emang kalo teringat kejadian tu hasnan jadi lucu sendiri, gi pula sebenarnya karena abang n temen2 yang buat banyak anak pondok bisa bahasa arab… ya gak?? he3x

    jadi tu seharusnya jadi kebanggaan…

  42. 42 sunario December 16, 2008 at 1:26 pm

    waduh kl di bilang begini bisa ke langit abang terkena pujian hasnan. heheh…ala kulli hal…mudah2an itu menjadi kebaikan kita bersama

  43. 43 sunario December 16, 2008 at 1:58 pm

    Apa Itu Cinta?

    setiap orang memiliki perasaan mencintai dan dicintai. karena cinta kehidupan itu jadi terlihat indah. hidup itu menjadi berarti. dengan cinta perasaan itu menjadi damai, tapi cinta yang bagaimana yang memiliki kekuatan spirit itu?

    teman-teman mungkin da pasti punya pengalaman tentang cinta. pengalaman mencintai dan dicintai. bila nama sang kekasihnya disebut, mengalir air hangat surga mengguyur seluruh tubuhnya. perasaannya jadi bahagia dan tenang. kebahagiaan yang belum pernah dia rasakan sebelumnya. perasaan ini lahir secara naluri kemanusiaan. bahwa secara fithri manusia memiliki perasaan mendalam tentang makna cinta.

    gimana ya kalau misalnya perasaan cinta manusia dengan manusia ini lebih teraplikasi pada cinta kepada Allah dan Rasul-Nya? pasti jawaban kita sama, dunia ini akan damai seperti masa Rasulullah dan para sahabatnya. kalau jawaban singkat ini salah dan berbeda dengan yang laen, maaf ya. kemampuanku menjawab soal-soal masih rendah.

    aku teringat sebuah ayat yang baru ku baca setelah shalat shubuh. ya, sebagai bahan renungan bersama. dan bila ada kesalahan memahami ayat tersebut mohon bimbingannya. renungan itu terdapat pada surat az-zumar ayat: 45, yang artinya kira-kira begini “dan bila disebut nama Allah…, berkeluh kesah perasaan hati orang-orang yang tidak beriman kepada hari akhirat. dan bila disebut selain-Nya mereka merasa sangat gembira.”

    setelah membaca ayat ini, aku terus menginstrospeksi diri, di manakah posisi cintaku sekarang?

    teman-temanku seperjuangan, temanmu ini lagi dalam masalah tentang makna cinta. bila kekasih pujaan hati disebut dia merasa bahagia tapi bila nama Allah dan Rasul-Nya disebut dia merasa gerah.

    mohon bimbingan teman-teman ne yang mau menjawab pertanyaan ini. eh jadi forum curhat ne…gak apa kan???

  44. 44 sunario December 18, 2008 at 11:20 am

    Menulis, yuk???
    Oleh: Sunario

    Menulis, aduh pusing banget. Membaca aja buat kepala puyeng, gimana mau menulis. Apa yang mau ditulis, membaca aja malas. Seribu alasan menghantam semangat jihad kita di medan menulis. Yuk, kita berhenti sejenak. Beristirahat setelah capek menjawab kekesalan dari pertanyaan-pertanyaan di atas.

    Menulis itu aktifitas yang sangat berguna sekali. Berguna untuk terus mengasah otak dan mengolahragakan tubuh yang mati. Tanpa disadari orang yang produktif dalam menulis, hidupnya bersemangat selalu, jiwanya sehat dan selalu tampil muda dan prima. Dan umur sang penulis akan abadi bersama buku-buku karangannya. Jadi untuk menjadi penulis bukan hanya sekedar mencari uang tapi yang lebih penting itu adalah dakwah. Ya, sampaikanlah pada mereka walau hanya satu ayat. Kalau kudamu tidak mau lari maka ikatlah dia, begitu juga dengan ilmu. Kalau ilmu itu tidak ingin hilang maka tulislah. Yups, ternyata banyak sekali ya manfaat dari menulis itu…

    Sekarang apa yang ingin kita tulis. Kalau kita menulis dalam bentuk non-fiksi tentu harus ada bahan. Wah, itu sulit banget. Sebagai pemula dan untuk melatih menulis ada baiknya kita memulainya dari catatan harian kita. Biasakan menulis di agenda atau di buku harian. Toh, banyak orang terkenal lantaran tulisan yang ada di diarynya. Contoh, diarynya catatan si Boy. Karena menulis pengalaman pribadi lebih banyak inspirasi ide yang keluar ketimbang menulis yang laen. Ya, karena sebagai langkah mensupport semangat kamu-kamu sekalian menulis, maka mulailah dari sekarang. Menulis pengalaman pribadi Anda di buku agenda atau di buku harian Anda.

    Yuk, kita mulai menulisnya di web pondok tercinta kita. Pengalaman, kenangan, ataupun peristiwa mengagumkan atau menakutkan. Tulis, tulis, dan tulis itulah kunci sukses menulis yang telah disepakati para pakar menulis. Latihan lebih baik dari pada teori. Seorang anak tidak akan pernah bisa belajar renang kalau tidak masuk ke dalam air.

    Maaf yah, kalau tulisan ini belum memuat arti menulis sesungguhnya atau untuk menjadi penulis yang sebenarnya. Habis aku juga bukan seorang penulis. Hehehe, sebagai ajang latihan aja. Bahwa menulis itu bukan menunggu ada ide, inspirasi, bahan, semangat, atau seribu alasan lainnya, tapi menulis itu ya menulis. Kalau gak pernah menulis mana tahu sejauh mana kemampuan kita menulis dan sehebat apa tulisan kita.

    Udah dulu ya, kelihatan tulisan ini akan lebih bermanfaat bila banyak yang kasih komentar. Biar kita sama-sama semangat menulis. Dan menjadikan menulis sebagai kegiatan dakwah. Saya yakin teman-teman lebih berpengalaman daripada saya dalam hal teori dan praktek menulisnya. Sebagai kalam akhir, selamat berkarya.

  45. 45 sunario December 18, 2008 at 9:22 pm

    Kisah Pernikahan Ryan
    By: Sunario

    “Ryan, kamu kok dari tadi diam.” Kata Marisha.
    “Gak, kok. Aku cuma sedang berfikir kemana aku nanti melanjutkan kuliahku setelah selesai program Lc tahun ini.” Kata Ryan dengan wajah yang muram, kusut, dan bersedih.
    Ryan seorang yang good a planner dalam segala urusan. Setiap kegiatannya selalu direncanakan dalam buku agenda hariannya. Dan ia selalu memberikan evaluasi setiap target yang ditentukannya. Jadinya dia termasuk orang yang sukses dalam studinya.
    “Apa yang menyebabkan wajahmu mendung, Ryan?” Marisha balik bertanya.
    “Aku ingin melanjutkan studyku di Al-Azhar, tapi…” Suaranya terputus.
    “Tapi…apa?”
    Ryan hanya terdiam tak mampu menjawabnya.

    Seminggu kemudian, Ryan tampak berseri-seri wajahnya. Senyum manis tersimpul di bibirnya. Selaksa kebahagiaan menyelimuti hatinya.

    “Ryan, ku lihat wajahmu tampak gembira sekali berbeda dengan seminggu yang lalu.” Marisha menyapanya dari belakang ketika Ryan duduk tersenyum di Suqq Sayyarat. Suasana lapangan Suqq Sayyarat yang selalu ramai dengan mahasiswa bermain bola setiap sorenya dari berbagai Negara.
    “Ah, kamu Marisha rupanya. Buat aku terkejut aja.” Jawab Ryan tersenyum.
    “Hemm…” Marisha hanya mendehem.
    “Gini, Marisha. Setelah aku berdiskusi dengan orang tuaku, akhirnya aku diizinkan melanjutkan studiku di Al-Azhar. Awalnya, berat sekali keluargaku mengizinkannya lantaran masa studinya yang terlalu lama sekali. Kemudian aku jelaskan semuanya, dan akhirnya mereka menerima alasanku dan memahaminya. Dan yang amat terpenting sekali mereka mengizinkanku menikah di sini. Gimana pendapatmu, Marisha?”
    “Menikah…???” Marisha tampak terkejut sekali.
    “Kok, kamu nampak amat terkejut dan gugup, Marisha?” Tanya Ryan.
    “Ehemm, by the way brother, dengan siapa kamu mau menikah?” Balik Tanya Marisha keheranan.
    Ryan hanya tersenyum sumringah.

    Sebulan kemudian. Datanglah sebuah surat lamaran kepada Marisha.

    “Marisha, kemarilah sebentar. Kakak ada yang mau dibicarakan sama Marisha.” Kata kak Marya dengan wajah serius tidak seperti biasanya. Kak Marya termasuk kakak terdekat Marisha. Dia juga termasuk guru bimbingan muqorrarnya dan guru spiritualnya di liqa’an.
    “Ada apa, kak Marya?” Jawab Marisha gugup.
    “Begini, Marisha. Eh…ehmm…” Suara kak Marya terasa berat mengucapkannya.
    “Ya, kak. Sebenarnya, ada apa?” Marisha jadi penasaran.
    Marya bingung harus ngomong dari mana. Dia juga berat mengatakannya. Karena surat lamaran itu datang dari seorang ikhwan teman baiknya Marisha juga. Dia takut Marisha akan terkejut dan menolak lamaran ini. Tapi, bagaimanapun dia telah diamanahi untuk memberitahukan surat itu pada Marisha. Dengan berat hatinya, akhirnya dia mengatakannya.
    “Sebenarnya, kakak ingin memberikan sebuah surat dari ikhwan untukmu.”
    “Surat dari ikhwan untuk saya.” Marisha tampak sangat terkejut sekali. Dia merasa ada yang gak beres dengan surat tersebut.
    “Surat apaan, kak.” Rasa ingin tahu Marisha terus memaksa kak Marya berbicara jujur. Marya pun terpojok juga dan berbicara panjang lebar tentang maksud dan tujuan surat lamaran tersebut. Marisha yang mendengarkannya terkejut dan tiba-tiba pingsan. Lalu Marya membaringkan Marisha ke tempat tidurnya.

    Beberapa jam lamanya Marisha tertidur, akhirnya dia tersadar juga. Marya yang setia masih menemani dirinya di tempat tidur. Dengan secangkir susu hangat dan snack ringan terhidang membuat suasana agak hening sejenak. Setelah Marisha meminum susu hangat dan memakan snack ringan, perasaannya mulai agak tenang.

    “Benarkah demikian, kak?” Marisha memulai pertanyaan atas keraguannya.
    “Iya, Marisha. Kakak tahu ini berat bagimu menerimanya karena dia teman baikmu, bukan?” Marisha hanya terdiam.

    Benar, Ryan adalah teman baik Marisha yang datang bersama-sama tahun 2003 angkatan Rivival el-Mahbub. Sebuah nama angkatan penerima program beasiswa Al-Azhar University atas rekomendasi Depag. Ryan termasuk mahasiswa yang berbakat, aktifis dan produktif. Tulisannya telah tersebar di berbagai media masisir, baik media ormas, kekeluargaan, senat, sampai media PPMI (Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia). Pokoknya, segudang prestasi telah ia raih. Tapi sikapnya yang tawadhu membuat orang terpesona melihatnya. Dan tak jarang para akhwat ingin dilamar olehnya.

    “Marisha, kok kamu melamun.” Kata Marya mengejutkan dirinya. Marisha pun terbangun dari lamunannya.
    “Oh… iya, emang surat itu kapan datangnya, Kak.?” Marisha balik bertanya.
    “Kemaren. Tapi kakak kemaren lupa menyampaikannya.”
    “Oooo…,”
    “Sekarang, gimana perasaanmu?”
    “Alhamdulillah, sudah tenang, Kak.”
    “Terus, gimana keputusannya?”
    Marisha hanya diam dan tersenyum tak bisa memberikan jawaban langsung.
    “Senyum tandanya menerima, lho…” kata Marya menggoda.
    “Ah…kakak, kan Marisha belum kasih jawabannya.”
    “Iya, belum kasih jawabannya. Tapi jawabannya sudah ada di senyummu.”
    Marisha hanya tersenyum lepas, membayangkan selaksa kebahagiaan menyelimuti hatinya. Seperti salju turun dari langit. Dingin.

    Setelah Marisha menerima lamaran itu, seminggu kemudian mereka menikah. Resepsi pernikahan yang diadakan dengan amat sederhana sekali ala masisir (baca: mahasiswa mesir) di mesjid As-Salam, di Hayy el-Asyir. Kemudian, keduanya menjalankan kehidupan berumah tangga sambil juga menyelesaikan studi program Magister bersama-sama.

    Kairo, 18 Desember 2008, pukul 23.14 di malam yang sunyi di bawah cahaya rembulan di kamar mungilku yang lucu.

  46. 46 sunario December 23, 2008 at 11:02 am

    tulisan ini dari kak dona tri herawani

    Kisah dari seorang sahabat??
    CINTA TAK SELALU BERWUJUD BUNGA

    Suami saya adalah seorang insinyur, saya mencintai sifatnya yang alamidan saya menyukai perasaan hangat yang muncul di perasaan saya, ketikasaya bersandar di bahunya yang bidang.Tiga tahun dalam masa perkenalan, dan dua tahun dalam masa pernikahan,saya harus akui, bahwa saya mulai merasa lelah, alasan-alasan sayamencintainya dulu telah berubah menjadi sesuatu yang menjemukan.Saya seorang wanita yang sentimentil dan benar-benar sensitif sertaberperasaan halus. Saya merindukan saat-saat romantis seperti seoranganak yang menginginkan permen. Tetapi semua itu tidak pernah sayadapatkan.Suami saya jauh berbeda dari yang saya
    harapkan.Rasa sensitif-nyakurang.Dan ketidakmampuannya dalam menciptakan suasana yang romantis dalampernikahan kami telah mementahkan semua harapan saya akan cinta yangideal.Suatu hari, saya beranikan diri untuk mengatakan keputusan sayakepadanya, bahwa saya menginginkan perceraian.”Mengapa ?”,tanya suami saya dengan terkejut.”Saya lelah, kamu tidak pernah bisa memberikan cinta yang sayainginkan,”jawab saya.Suami saya terdiam dan termenung sepanjang malam di depan komputernya,tampak seolah-olah sedang mengerjakan sesuatu, padahal tidak. Kekecewaansaya semakin bertambah, seorang pria yang bahkan tidak dapatmengekspresikan perasaannya, apalagi yang bisa saya harapkan darinya ?Dan akhirnya suami saya bertanya,” Apa yang dapat saya lakukan untukmerubah pikiran kamu?”Saya menatap matanya dalam-dalam dan menjawab dengan pelan, “Saya punyapertanyaan, jika kau dapat
    menemukan jawabannya di dalam perasaan saya,saya akan merubah pikiran saya:Seandainya, saya menyukai setangkai bunga indah yang ada di tebinggunung. Kita berdua tahu jika kamu memanjat gunung itu, kamu akan mati.Apakah kamu akan memetik bunga itu untuk saya ?”Dia termenung dan akhirnya berkata,”Saya akan memberikan jawabannya besok.” Perasaan saya langsung gundah mendengar responnya. Keesokan paginya, dia tidak ada di rumah, dan saya menemukan selembarkertas dengan oret-oretan tangannya dibawah sebuah gelas yang berisisusu hangat yang bertuliskan. .. “Sayang, saya tidak akan mengambil bunga itu untukmu, tetapi ijinkansaya untuk menjelaskan alasannya.” Kalimat pertama ini menghancurkan perasaan saya. Saya melanjutkan untukmembacanya. “Kamu selalu pegal-pegal pada waktu ‘ teman baik kamu ‘ datangsetiapbulannya, dan saya harus memberikan tangan saya untuk
    memijat kaki kamuyang pegal.” “Kamu senang diam di rumah, dan saya selalu kuatir kamu akan menjadianeh’. Saya harus membelikan sesuatu yang dapat menghibur kamu di rumah ataumeminjamkan lidah saya untuk menceritakan hal-hal lucu yang sayaalami.” “Kamu selalu terlalu dekat menonton televisi, terlalu dekat membacabuku, dan itu tidak baik untuk kesehatan mata kamu. Saya harus menjaga mata saya agar ketika kita tua nanti, saya masihdapat menolong mengguntingkan kuku kamu dan mencabuti uban kamu.” “Tangan saya akan memegang tangan kamu, membimbing kamu menelusuripantai, menikmati matahari pagi dan pasir yang indah. Menceritakan warna-warna bunga yang bersinar dan indah seperticantiknya wajah kamu.” “Tetapi Sayang, saya tidak akan mengambil bunga indah yang ada ditebing gunung itu hanya untuk mati. Karena, saya tidak sanggup melihat air mata kamu
    mengalir menangisikematian saya.” “Sayang, saya tahu, ada banyak orang yang bisa mencintai kamu lebihdari saya mencintai kamu. Untuk itu Sayang, jika semua yang telah diberikan tangan saya, kakisaya, mata saya tidak cukup buat kamu, saya tidak bisa menahan kamuuntuk mencari tangan, kaki, dan mata lain yang dapat membahagiakankamu.” Air mata saya jatuh ke atas tulisannya dan membuat tintanya menjadikabur, tetapi saya tetap berusaha untuk terus membacanya. “Dan sekarang, Sayang, kamu telah selesai membaca jawaban saya. Jikakamu puas dengan semua jawaban ini, dan tetap menginginkan saya untuktinggal di rumah ini, tolong bukakan pintu rumah kita, saya sekarangsedang berdiri di sana menunggu jawaban kamu.” “Jika kamu tidak puas dengan jawaban saya ini, Sayang, biarkan sayamasuk untuk membereskan barang- barang saya, dan saya tidak akanmempersulit hidup kamu.
    Percayalah, bahagia saya adalah bila kamu bahagia.” Saya segera berlari membuka pintu dan melihatnya berdiri di depan pintudengan wajah penasaran sambil tangannya memegang susu dan roti kesukaansaya. Oh, kini saya tahu, tidak ada orang yang pernah mencintai saya lebihdari dia mencintai saya. Itulah cinta, di saat kita merasa cinta itu telah berangsur-angsurhilang dari perasaan kita, karena kita merasa dia tidak dapatmemberikan cinta dalam wujud yang kita inginkan, maka cinta itusesungguhnya telah hadir dalam wujud lain yang tidak pernah kitabayangkan sebelumnya. Seringkali yang kita butuhkan adalah memahami wujud cinta daripasangan kita, dan bukan mengharapkan wujud tertentu. Karena cinta tidak selalu harus berwujud”bunga” . Dan tak selalu harus memiliki & berbalas

  47. 47 irwansyah December 24, 2008 at 9:25 am

    aslkm tmn2 smwnya,an hrp lg sht2 ja ya,sorry br gbung ni,aduh srasa msh dpondok ya,kita msh bs kmniksi wlw hnya skdar ddunia maya,tp an ucpin trm ksh bgt bwt tman2 pnggs web kuala madu,trnyata hr ni ank2 kwla madu pnya skill yg ckp mmbgkan ya,smg tmen2 ya ggas n smw dpt phala dr Allah SWT,oh ya bwt ramdani slmat ya dh brangkt dluan,tp do’ain jg ya tmnmu ni mgv cpt bragkt ok friend.

  48. 48 Panitia sukses December 24, 2008 at 4:29 pm

    PANITIA SUKSES
    SILATURRAHMI AKBAR ALUMNI
    PESANTREN MUHAMMADIYAH KWALA MADU
    Sekretaris Panitia : Komp. BKN Jl. TB. Simatupang No. 124 P. Baris
    Cp : 085275279867 / 085276421198

    DASAR PEMIKIRAN

    ”Hidup – hidupilah Muhammadiyah jangan mencari hidup dalam Muhammadiyah”, ungkapan diatas adalah motto K.H.A.Dahlan yang tidak pernah usang di telan waktu. Ada harapan besar yang tertanam dalam hatinya, suatu saat kelak pergerakan yang didirikannya dengan susah payah, akan membuahkan hasil yang memuaskan baik bagi persyarikatan, bangsa dan negara serta yang terpenting umat islam di indonesia pada khususnya.
    Berdiri dan kokohnya Pondok Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu sejak tahun 1988 hingga sekarang tahun 2008 merupakan bukti konkrit betapa persyarikatan Muhammadiyah yang didirikan K.H.A. Dahlan mampu mempertahankan eksistensinya di tanah air tercinta ini. Sejak berdirinya, Pondok Pesantren Modren Muhammadiyah Kwala Madu telah mengeluarkan 15 angkatan alumni dengan nominal kurang lebih 500 alumni madrasah aliyah dan 1500 alumni madrasah tsanawiyah. Dari masing – masing alimni tentunya tersebar ke berbagai pelosok tanah air dengan membawa bekal yang didapatnya dari Pondok Pesantren sebbagai wadah pengisian ilmu pengetahuan secara spiritual, para alumni yang tersebar memiliki potensi dan kelebihan masing – masing baik di bidang olahraga, seni, kecerdasan intelektual, politik dan ekonomi serta beragam potensi lainnya.
    Pasca Reuni Akbar tahun 2003 yang lalu, menghasilkan kesepakatan yaitu :
    • Terpilihnya saudara M. Abrarrahman sebagai ketua Ikatan Alumni untuk yang pertama kalinya.
    • Melaksanakan rutinitas Reuni Akbar setiap 4 tahun sekali.
    • Bahwa yang Ikatan Alumni ”Pondok Pesantren”, adalah siapa saja yang pernah merasakan hidup mondok menjadi santri/ah Pondok Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu walau kurang dari satu tahun masa belajar.

    Perjuangan K.H.A.Dahlan yang bersusah payah mendirikan persyarikatan Muhammadiyah, keberadaan Pondok Pesantren Modren Muhammadiyah Kwala Madu Langkat – Binjai yang harus terus dilestarikan, serta hasil kesepakatan reuni akbar tahun 2003, menjadi landasan utama diselenggarakannya acara ”SILATURRAHIM AKBAR ALUMNI PESANTREN MUHAMMADIYAH KWALA MADU (REUNI AKBAR II)”. Dengan ini diharapkan dapat membawa nama baik Pondok Pesantren Kwala Madu di tengah – tengah masyarakat.

    NAMA KEGIATAN

    Silaturrahim Akbar Alumni Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu (Reuni Akbar II)

    TEMA

    ”Satukan Langkah, Pererat Ukhuwah Jalin kerjasama Dalam Dakwah ”

    WAKTU DAN TEMPAT

    Silaturrahim akbar ini diselenggarakan pada :
    Hari/tanggal : Ahad/08 Februari 2009 M
    Pukul : 10.00 WIB s/d selesai
    Tempat : Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu
    Jl. Tj.Pura KM 32 Simp. PGKM Langkat-Binjai
    TUJUAN

    1. Temu kangen Alumni antar angkatan 1994 – 2008
    2. Mempererat ukhuwah islamiyah serta meningkatkan silaturahmi sesama alumni
    3. Memilih ketua dan pengurus ikatan alumni Pondok Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu periode 2008 – 2012

    LANDASAN

    Kesepakatan bersama antar alumni pada reuni akbar tahun 2003

    BENTUK KEGIATAN

    Adapun bentuk kegiatan pada acara silaturrahim akbar alumni tersebut yaitu :
    1. Open ceremony
    2. Ceramah umum oleh ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof.DR.H.M din Syamsuddin,MA
    3. Laporan dan sambutan panitia tokoh masyarakat dan pejabat
    4. Pagelaran teater anak negeri
    5. Konser amal nasyid papan atas kota medan dan kota Binjai
    6. Pemilihan ketua ikatan alumni periode 2009-2012
    7. Launching Website Ikatan Alumni Pesantren Kw.madu
    8. Arena bazar dengan berbagai bentuk kreatifitas seni (souvenir,fashion dll)

    PESERTA

    Peserta adalah seluruh alumni Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu dan atau mereka yang pernah belajar di Pondok Pesantren Kwala Madu walau hanya satu tahun masa belajar, serta tamu dan undangan berjumlah 2000 orang dengan rincian :
    1. 500 orang alumni Madrasah Aliyah.
    2. 1000 orang alumni Madrasah Tsanawiyah.
    3. 200 orang mereka yang pernah mondok di Pesantren Kwala Madu, namun pindah sekolah sebelum usai masa belajar.
    4. 300 orang tamu serta undangan, terdiri dari :
    • Gubernur Sumatera Utara
    • Bupati Langkat
    • PW. Muhammadiyah dan Aisyiyah Sumatera Utara
    • Kapolres Langkat
    • DPRD Langkat
    • PD. Muhammadiyah dan Aisyiyah wilayah Aceh bagian timur
    • PD. Muhammadiyah dan Aisyiyah se – Sumatera Utara
    • Pimpinan ortom Muhammadiyah tingkat wilayah daerah dan cabang
    • Camat Kec. Binjai
    • Kapolsek Tandem Hilir
    • Kepala Desa Sidomulyo
    • Para pengasuh dan pegawai Pesantren Kwala madu
    • Para donatur acara silaturrahim akbar
    • Persatuan alumni Pesantren Modren Al-yusriyah Pangkalan Susu
    • Persatuan alumni Pesantren Ulumul Qur’an Stabat
    • Persatuan alumni Pesantren Modern Al-muhajirin Padang Cermin
    • Persatuan alumni Pesantren Al-Uswah kuala
    • Persatuan alumni Pesantren Babussalam Tanjung Pura
    • Persatuan alumni Pesantren An-Nadwa Binjai
    • Persatuan alumni Pesantren Darul Ulum Tapanuli Selatan
    • Persatuan alumni Pesantren Raudhatul Hasanah Medan
    • Persatuan alumni Pesantren Darul Arafah Deli Serdang

    SUSUNAN PANITIA (terlampir)
    JADWAL ACARA (terlampir)
    TAKSASI DANA (terlampir)

    Lampiran I :

    SUSUNAN PANITIA SILATURRAHIM AKBAR

    Penasehat : Dr.H.Zulkarnaen Tala Sp.Og
    Drs.H.Firmali Arma
    Supriyadi Hasan Basri,BA
    Drs.Titis Kardianto SPd.I

    Sterring Commite : M.Abrarrahman

    Organizing Commite:

    Ketua I : Suwardiyamsyah
    Ketua II : Ari Wiharto
    Ketua III : Alfiansyah
    Sekretaris I : Sholeh Purwo Aji
    Sekretaris II : Dzamir Halim Al – Utsmaniy
    Bendahara : Agustina Fitriani SS

    Seksi Humas Seksi Konsumsi Seksi Publikasi
    * Jadid Taqwa * Rizqa Amelia * M.ihsan
    * Erni Susanti * Siti Hajar * Burhanuddin
    * Amwin * Anwar Syahdam * Fitra Siregar
    * Husin Sogot Simatupang * Mawardi Nur * Astri Harasyid
    * Harianto,SPdi * Iskandar PA
    * Edi Santoso * M.Zuhri Nanda Rizki Lbs
    * Zulkifli Saragih * Dedi Hartoyo,Spdi
    * Ust. Mahfudi
    * Indra Setiawan
    * Nelli Gusti
    * Ayatullah
    * Dini Eka Fitra
    * Dedi Syawalhudi
    Seksi Dokumentasi Seksi Tempat Seksi Tamu
    * Eka Riwanda * Ust. Darmono * Jayanti Kasma Putri
    * Anwari * Ust. Waliadi Tarigan Sthi * Niswatun Madhiyah
    * Rahmat Fitriadi

    Seksi Bazar Seksi Keamanan Seksi Acara
    * Tina Sofia Satpam Pondok Pesantren * Anwar Syahdam
    * Asrida * M. Abduh * Miss Rahmiyani Jannah
    * Amwin Prabudi * Agus Mulyadi * Mukhlis Fedriansyah
    * Iskandar

    • Koordinator Humas dan Publikasi : Ketua I Swardiyamsyah
    • Koordinator Dokumen dan Tempat / Dekorasi : Ketua II Ust. Ariwiharto
    • Koordinator Konsumsi dan Tamu : Ketua III Ummi Agustina Fitria SS
    • Koordinator Keamanan : Satpam Bapak M. Abduh

    AGENDA ACARA
    SILATURRAHIM AKBAR ALUMNI PESANTREN MUHAMMADIYAH KWALA MADU
    Sidomulio, Ahad – 08 Februari 2009

    Waktu Agenda Kegiatan Penyaji
    07:00-09:00 Persiapan Pembukaan Panitia
    09:00-10:00 Nasyid Santriah Ponpes
    Orchestra Band Santri ponpes
    10:00-11:30 Pembukaan Gebyar Alumni:
    • Laporan Ketua Panitia
    • Sambutan Ketua Ikatan Alumni Ponpes Kw. Madu
    • Bimbingan Pimpinan Umum sekaligus membuka acara
    • Bimbingan dari Gubernur Sumatera Utara Suwardiyamsyah

    Abrar Rahman

    Dr.H.ZulkarnaenTala, SpOg

    H. Syamsul Arifin, SE
    11:30-12:30 Ceramah Umum
    “Relevansi pondok pesantren sebagai wadah membangun generasi cerdas dan berakhlaqul karimah”
    Prof.Dr.H.M.Din Syamsuddin, MA
    12:30-14:00 Break & makan siang + ramah tamah
    All
    14:00-16:00 • Hiburan Nasyid Kota Medan
    • Pesan & kesan dari Alumni
    • Pemilihan Ketua Ikatan Alumni Ponpes Kw. Madu MAIDANI

    Perwakilan Alumni

    Panitia Pemilihan (PanLih)
    16:00-16:30 Sholatul Ashri All
    16:30-18:00 • Launching website keluarga besar alumni ponpes Kw. Madu (FSPK)
    • Konser Amal Nasyid Kota Binjai
    Sholeh Purwo Aji, CS

    1001 Malam
    18:00 • Hati – hati di Jalan Yah… All

    ANGGARAN BIAYA KEGIATAN SILATURRAHIM AKBAR
    Sidomulio, Ahad – 08 Februari 2009

    No Uraian Volume Frekuensi Harga Satuan Jumlah
    A Kesekretariatan
    1 Penggandaan proposal 100 eks 1 x Rp. 4000,- Rp. 400.000,-
    2 Amplop 100 pc 1 x Rp. 1000,- Rp. 100.000,-
    3 Kwitansi 5 buah 1 x Rp. 3000,- Rp. 15.000,-
    4 Stempel + tinta 1 buah 1 x Rp. 35.000,- Rp. 35.000,-
    5 Pena 1 kotak 1 x Rp. 20.000,- Rp. 20.000,-
    Rp. 570.000,-
    Jumlah

    B Konsumsi
    1 Makan siang 2000 kotak 1 x Rp. 10.000,- Rp. 20.000.000,-
    2 Snack 2000 kotak 1 x Rp. 3000,- Rp. 6.000.000,-
    3 Buah-Buahan 10 Kg 1 x Rp. 10.000,- Rp. 100.000,-
    4 Aqua 60 kotak 1 x Rp. 13.000,- Rp. 780.000,-
    Jumlah Rp. 26.880.000,-

    C Publikasi
    1 Spanduk biasa 20 pc 1 x Rp. 100.000,- Rp. 2.000.000,-
    2 Baliho 20 pc 1 x Rp. 300.000,- Rp. 6.000.000,-
    3 Brosur 3000 pc 1 x Rp. 500,- Rp. 1.500.000,-
    4 Sticker 2000 pc 1 x Rp. 1000,- Rp. 1.000.000,-
    5 TVRI 60 detik 2 pekan - Rp. 2.500.000,-
    6 UMSU FM 60 detik 2 pekan - Rp. 1.000.000,-
    7 RPC FM 60 detik 2 pekan - Rp. 1.000.000,-
    8 IAIN FM 60 detik 2 pekan - Rp. 1.000.000,-
    9 CORDOVA FM 60 detik 2 pekan - Rp. 1.000.000,-
    10 RRI FM 60 detik 2 pekan - Rp. 1.000.000,-
    11 WASPADA 1 colum 1 pekan - Rp. 500.000,-
    12 SINDO 1 colum 1 pekan - Rp. 500.000,-
    13 SIB 1 colum 1 pekan - Rp. 500.000,-
    14 SERAMBI 1 colum 1 pekan - Rp. 500.000,-
    Jumlah Rp. 20.000.000,-

    D Dokumentasi
    1 Shooting Video 4 disk 1 hari - Rp. 1.000.000,-
    2 Cetak Fhoto 1 paket 1 x - Rp. 200.000,-
    3 Pembukuan(dokumen tertulis) 1 jilid 1 x - Rp. 100.000,-
    Jumlah Rp. 1.300.000,-

    E Perlengkapan/Dekorasi
    1 Tenda/Tratak 10 buah 1 hari Rp. 80.000,- Rp. 800.000,-
    2 Pentas 2 buah 1 hari Rp. 100.000,- Rp. 200.000,-
    3 Kursi 2000 buah 1 hari Rp. 500,- Rp. 1.000.000,-
    4 Baliho (Background) 24 meter 1 x Rp. 30.000,- Rp. 720.000,-
    5 Sound System 1 paket 1 x - Rp. 500.000,-
    6 Lampu sorot 8 buah 1 x Rp. 25.000,- Rp. 200.000,-
    7 Lampu lip-lop 50 meter 1 x Rp. 25.000,- Rp. 1.250.000,-
    8 Umbul-umbul/Bendera 50 buah 3 meter Rp. 10.000,- Rp. 1.500.000,-
    9 Dekorasi taman 8 meter 1 hal - Rp. 200.000,-
    10 Wayar 200 meter 1 x Rp. 2000,- Rp. 400.000,-
    11 Infocus + Slide +Laptop 1 paket 1 x - Rp. 150.000,-
    12 Pin peserta 500 buah 1 x Rp. 3000,- Rp. 4.500.000,-
    Jumlah Rp. 9.970.000,-

    F Akomodasi Hiburan
    1 Nasyid Kota Medan Maidani 1 hari 1 x - Rp. 1000.000,-
    2 Nasyid Kota Binjai 1001 Malam 1 hari 1 x - Rp. 1500.000,-
    3 Nasyid Santriyah ponpes - 1 x - Rp. 250.000,-
    4 Orchestra santri ponpes - 1 x - Rp. 250.000,-
    Jumlah Rp. 3.000.000,-

    G Akomodasi PP Muhammadiyah 1 hari 1 x - Rp. 5.000.000,-
    Jumlah Rp. 5.000.000,-

    H Akomodasi Panitia
    1 Panitia Akbar 20 orang 1 x Rp. 100.000,- Rp. 2000.000,-
    2 Panitia lokal 20 orang 1 x Rp. 50.000,- Rp. 1000.000,-
    3 Keamanan (satpam) 4 orang 1 x Rp. 80.000,- Rp. 320.000,-
    Jumlah Rp. 3.320.000,-

    I Transport Audiensi ke Daerah-daerah sumut-aceh
    1 PDM Langsa 5 orang 1 x Rp. 60.000,- Rp. 300.000,-
    2 PDM Aceh Tamiang 5 orang 1 x Rp. 50.000,- Rp. 250.000,-
    3 PDM Langkat 5 orang 1 x Rp. 20.000,- Rp. 100.000,-
    4 PDM Kota Binjai 5 orang 1 x Rp. 10.000,- Rp. 50.000,-
    5 PDM Kota Medan 5 orang 1 x Rp. 10.000,- Rp. 50.000,-
    6 PDM Deli Serdang 5 orang 1 x Rp. 15.000,- Rp. 75.000,-
    7 PDM Karo 5 orang 1 x Rp. 20.000,- Rp. 100.000,-
    8 PDM Asahan 4 orang 1 x Rp. 40.000,- Rp. 160.000,-
    9 PDM Kota Siantar 4 orang 1 x Rp. 50.000,- Rp. 200.000,-
    10 PDM Kota Tebing Tinggi 4 orang 1 x Rp. 40.000,- Rp. 160.000,-
    11 PDM Tapanuli Selatan 3 orang 1 x Rp. 250.000,- Rp. 750.000,-
    12 Audiensi Pimpinan Pondok 20 orang 1 x Rp. 10.000,- Rp. 200.000,-
    Jumlah Rp. 2.495.000,-

    J Transport Komunikasi
    1 Internet/ E-mail, Friendster 1 jam 20 x Rp. 4000,- Rp. 80.000,-
    2 Fax & Telpon 1 pekan 30 x - Rp. 100.000,-
    3 Pulsa elektrik (Mobile) 1 pekan 1 x Rp. 100.000,- Rp. 100.000,-
    4 Materai 5 pc 5 x Rp. 7000,- Rp. 35.000,-
    5 Perangko (via Pos) 1 hari 10 x Rp. 5000,- Rp. 50.000,-
    Jumlah Rp. 365.000,-

    K Kesehatan (Obat-obatan) 1 paket 1 x - Rp. 250.000,-
    Jumlah Rp. 250.000,-

    JUMLAH TOTAL Rp. 73.150.000,-

    Bendahara Panitia

    Ummi Agustina Fitria SS

    PENUTUP

    Demikianlah jurnal pelaksana (Proposal) Acara Silaturrahim Akbar Alumni Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu (Reuni Akbar II). Semoga dalam pelaksanaan acara tersebut dapat tercapai seperti apa yang diharapkan. Atas segala pertisipasi dari seluruh pihak yang turut mensukseskan baik secara moril maupun materil kegiatan Silaturrahim Akbar Alumni ini, kami haturkan terima kasih yang sebesar – besarnya semoga Allah SWT membalas amal baik Bapak/Ibu,Sdra/i, dan rekan – rekan seluruhnya. Amin.

    Billahifisabilillhaq
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    Diketahui : Panitia Sukses Silaturrahmi Alumni
    Ikatan Alumni Pon-Pes Kwala Madu Pon-Pes Kwala Madu

    M. Abrarrahman Suwardiyamsyah Sholeh Purwo Aji
    Ketua Ketua Sekretaris

  49. 49 Sholeh Purwo Aji '06 December 24, 2008 at 4:37 pm

    afwan kalo’ terlalu lama ngasihnya n pada amburadul…

  50. 50 Syuhada'03 December 25, 2008 at 12:13 am

    Sip.. Alhamdulillah, InsyaAllah nanti abang tembusin pak din. oia, bisa dijelaskan mengenai apa yang mau disampaikan pak din nanti. mengenai ceramah umumnya :
    ““Relevansi pondok pesantren sebagai wadah membangun generasi cerdas dan berakhlaqul karimah”
    Prof.Dr.H.Din Syamsuddin,
    mungkin bisa TORnya.
    oia, nama pak din g pake M. atau Muhammad

  51. 51 sunario January 4, 2009 at 2:43 pm

    cintaku toe Gaza

    berlinangan air mata dan darah mengalir deras membasahi negeri palestina, negeri tempat di mana Rasulullah Saw. pernah singgah sebelum berangkat ke langit pada peristiwa isra’ mi’raj, negeri yang pernah menjadi tempat pembantain pada masa pendudukan kaum salib, dan kini terulang kembali skenario yang sama oleh tangan kejam zionis israel internasional sebagai balasan skenario holocaust di bawah rezim jerman atas keturunan israel.

    atas dalih pembelaan warganya dan negerinya yang selalu diserang kelompok Hamas, zionis bergerak maju menyerang kota gaza secara membabi buta yang diduga sebagai pusat markas besar Hamas.

    satu atau dua tentara israel yang ditangkap, yang mati, ataupun yang terluka harus diganti dengan ratusan sampai ribuan nyawa rakyat palestina yang tak berdosa. dunia internasional diam tak bersuara walau para demonstran berteriak “save palestina save humanity” di seluruh negara, suara mereka hanya untuk menghibur rakyat palestina yang menderita, sedangkan para pemimpin negara hanya bisa mengecam dan mengutuk semua tindakan zionis tapi tak punya nyali untuk bersatu.

    Gaza, cintaku tertahan atas ketidakberdayaan diriku untuk membelamu secara langsung berada di medan perang.
    Gaza, cintaku untukmu hanya sebatas doa dan simpati yang hanya bisa menghibur hatimu.
    Gaza, cintaku padamu ingin aku buktikan seperti sikap berani Shalahuddin menyatukan para sukarelawan perang untuk merebut kembali mesjid al-aqsa dari tangan kaum salib tapi itu hanya mimpiku, maafkanlah atas ketidakmampuanku, Gaza.
    Gaza, cintaku padamu tak akan pernah luntur walau nyawa sebagai taruhannya demi kembalinya al-aqsa ke tangan kaum muslimin.

    Gaza, I love You for ever semoga Allah menurunkan tentaranya yang tak terlihat sebagai kabar gembira bagi kaum musilimin. Amin

  52. 52 sunario January 24, 2009 at 10:19 am

    kesan di bulan januari

    assalamu’alaikum wr.wb

    apa kabar ne teman2 sekalian? aduh maaf ya da lama aku ga nimbrung di web pondok, maklum masih sibuk ujian. heheh mohon doanya ya moga tahun ini bisa lulus… eh gmn kabar teman2 panitia reuni pondok, acaranya tu da amat dekat, moga ttp semngat ya, moga berjalan dengan lancar. dan menjadi amalan di akhirat nanti. amin

  53. 53 ananmoe January 26, 2009 at 3:38 pm

    assalamu’alaikum….

    kayaknya agak sepi ne sekarang..

    g pada sibuk ya…

    ada yag mau pulan kampung, da yang ujian juga ya???

    met sibuk2 ja ya…
    buat panitia reuni met sibuk2 juga…
    kalo kira2 butuh tenaga tingggal calling ja ne…

  54. 54 zulfan siahaan January 30, 2009 at 8:03 pm

    assalamualaikum..
    mohon bantuan kawan-kawan sekalian!!
    saya telah mengajukan judul skripsi “ISLAM DI TANAH BATAK DALAM PERSPEKTIF HISTORIS” dan sudah di ACC, untuk itu saya mmbutuhkan bnyak referensi baik berupa buku, arsip daerah ataupun jurnal. saya mengharapkan kepada kawan-kawan skalian kiranya dapat mmbantu saya dalam memebrikan informasi yang berkaitan dengan judul skripsi tersebut diatas, atas partisipasi dan bantuannya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.
    saya dapat dihubungi di 085643675894/081931770903 dan di unsurenderpunx@plasa.com/jovan05siahaan@gmail.com

    assalamualaikum..

  55. 55 Ramdani February 4, 2009 at 8:29 am

    Ikhwani wa akhowati..
    sutujukah kalian jika dalam acara reoni akbar nanti santriah pondok kita tercinta akan menampilkan tarian????
    ikhwani wa akhowati…
    apa jadinya jika para adik adik kita yang sholehah yang masih lugu dan ayu harus melenggak lenggokan tubuh mereka yang indah dan suci itu di hadapan ratusan bahkan ribuan mata.
    ikhwani wa akhowati..
    Rasullah Saw bersabda dalam hadisnya ketika berkhutbah pada hari WADA’(hari perpisahan) wahai sekalian manusia!takutlah kalian dari fitnah dunia dan fitnah wanita.
    mereka akan menari tuk menghibur para tamu laki laki dan wanita,adakan nyang berani mejamin para laki laki yang hadir selamat dari fitnah pandangan mereka?????
    ikhwani wa akhowati…
    tanyakan pada hatimu,,tanyakan pada keimananmu akan syariat islam,,adakah seorang ulama dari salafful ummah yang membolehkan wanita menari di depan umum???
    ihkwani wa akhowati…
    aku menulis risalah ini semata mata karna kecintaanku pada adik adik kita di ma’had,aku ga tega bila mereka harus merelakan diri mereka tuk menghibur kita semua dengan memperlihatkan lekukan lekukan tubuh mereka.Na’uzdubillah..
    berbuatlah sesuatu wahai saudaraku.

  56. 57 ochie February 4, 2009 at 1:48 pm

    Hanya di butuhkan kejujuran di dasar hati agar fitrah manusia bicara apa adanya,bahwa setiap qta hrs menjadi baik,memulai menjadi baik,atw setidaknya memilih untuk menjadi baik.

  57. 58 syem February 5, 2009 at 12:05 pm

    assalamualaikum wr. wb.

    reuni kita diambang mata, H – 2. persiapan dari nangroe aceh sudah cukup matang, rapat dikuala simpang dipimpin oleh Alumni senior bang Kholil yang juga bertugas dikepolisian resot Aceh Tamiang. Temen2 di Medan sudah terdengar desus – desus akan konvoi Medan – Kuala Madu, dari Binjai sudah ok (ada berita baik, sahabat kita Rahmat Taufiq terpilih menjadi Presiden Mahasiswa di PTAIS Islahiyah Binjai).

    panitia sudah bekerja maximal dengan segenap tenaga, fikiran, materil, dan harga diri. kita semua berharap reuni ini sukses besar, begitupun Allah jua yang menentukan, mohon doa dalm tahajud kawan2 semoga panitia mampu mengatasi berbagai hal yang terjadi dalam reuni ini.

    kesuksesan reuni ini bukan karna panitia, tapi karna saudara/i alumni semua, sebab acara ini dari alumni dan untuk alumni, baik buruknya juga berada ditangan alumni. kehadiran abangda, kakanda, adinda dan sahabatku semua sangat kami harapkan.

    reuni Ahad, 08 Februari 2009 hanya akan dimeriahkan oleh tim nasyid 1001 malam binjai poenya, tidak ada tarian apalagi tari padang pasir dari mesir paling juga ngundang keyboad-nya mak lampir biar tamu semua pada kena sihir sambil jantung berdesir – desir.

    hentikan suara – suara sumbang itu,,,,,

  58. 59 zulfan siahaan February 8, 2009 at 7:42 pm

    wahh,,
    ga ada yg bsa bantu saya trnyata…

  59. 60 ruslan February 9, 2009 at 2:40 am

    assalamu’alaikum

    maaf bang Zulfan bukan ga da yang mau bantuin abang,

    mungkin temen2 yang lain juga pada sibuk juga…

    ntar coba saia sampekan deh ama bbrp anak pondok tentang itu bang…

    maaf sebelumnya …

  60. 61 syem February 9, 2009 at 10:45 am

    Assalamualaikum wr.wb.

    Alhamdulillah sahabat – sahabatku sekalian ada yang memberi comment pada tulisan yang terkesan asal dari saya, buat rock-lee n ruslan syukron katsiron. namun kalau tidak keberatan bolehkah saya tahu identitas rock-lee ne ciapa ya….???

    saya suwardiyamsyah angkatan 2006, senang berdiskusi dengan rock-lee, kita semua punya harapan yang sama bahwa keinginan untuk menegakkan Al-Quran dan Sunnah adalah cita2 para salafussalih dan sebagai pelangsungnya adalah generasi ummat jebolan dari pondok pesantren. sekali lagi syukron, dan buat para syaikh yang ada di Mesir, Madinah, Au Fii Ayyi makan kana, Aquulu lakum Ma’annajah.

    perlu diketahui Reuni 08 feb. 09 semalam Mak lampir-nya sakit perut gak bisa nyanyi karna sakit gigi,, alnya dia gak pake pepsodent gitu…. ; – )

  61. 62 ruslan February 10, 2009 at 5:04 am

    hahaha…
    Syem jazakallahu khoir…

    untuk rocklee sapa? silahkan lihat di friendster saja…

    ^^

  62. 63 elisa putri manis February 23, 2009 at 9:16 am

    assalamualaikum
    buat shohib2 sekalian, kapan ne reuni berikutnya, kl bisa lebih meriah yaaaaaaaaaaaaa, and kumpul smuanya orang2nya, biar tambah seru dan rame, ok aku tunggu ya, eh jgn lupa lho informasui berikutnya, aku tunggu ok. wa’alaikum salam wr.wb

  63. 64 bang rio February 23, 2009 at 9:47 am

    aslkm. apa kabar juga ne dek lisa? benr tu maunya tu informasi reuni harus tersebar, biar smua angkatan bisa hadir memeriahkan acara reuni akbar kita, khusunya yang kedua nnti, so btw, dek lisa emangnya kemaren hadirnya waktu acara reuni, hehehehhehe tahun depan siap dong jadi panitia bagian humas, krn kl dilihat dari orangnya bisa diandalkan, aplagi jurusan bagian sosiologi heheh, met kenalan lagi ya dek lisa hehehe

  64. 65 elisa putri February 23, 2009 at 10:21 am

    ass,met knalan jg akhi lugho.btw yg srius blazarny ya……….!yar cpt slesai kuliahny.jgn lm2 lho di sn,entar kburu tua.he…..he……bcanda,spirit az yach,wzz

  65. 66 bang rio February 23, 2009 at 10:58 am

    wa’alaikum salam.waduh kenangan manis jadi ketua lughah jadi malu ne, yups, ma kasih kita usahakn tuk belajar lebih giat ne, btw thanks ya masih ingat sama kita2 yang di sini hehhehhe, candanya diterima, da ga dimarahin apalagi sampe dipanggil di depan mesjid sbg pelanggar bahasa, kan malu tu ‘ammu

  66. 67 wahyudi(ajo) March 3, 2009 at 9:25 pm

    ass,bg hamdani? o ya kpn blk kmdn lg ni! kgn aku kpgn jmp sm bg lg. o ya bg masih igt gk sm aku? adek asrama dulu? kalau gk ingt,mmg ktrlaluan,kpn ni slsai kuliah? jgn lm2 ntr botak lo!,bg aku igt dgn,kng2an bg dulu sm bg hasan? yang aku sering siksa? tpo gk ap2 lah, oya slmt skss,smg cpt slsai.

  67. 68 nouraisyahrein March 21, 2009 at 7:25 am

    ass…
    pha khabar smua????
    hari ni 20 maret 09 aisyah baru mulai buka buka blog ni.
    btw aisyah baru baca juga comment2 nya dari atas smp bawah.
    ada amin juga dah lama nyapa…. masalahnya amin tuh ada embel2 ’04, tuh artinya angkatan 04 bukan.
    mohon mf yach rada aneh coz aisyah juga angkatan 04 tapi amin tuh yang mana yach? perasaan g da di 04. amin bisa tak send photonya u ke email aisyah (nouraisyahrein@asia-mail.com) atau add aja kali ya di fs. alamatnya sama.

  68. 69 nouraisyahrein March 27, 2009 at 7:39 am

    aslm….
    sore smua…
    yang di egypt yang di pulau jawa..
    atau juga sing in medan…
    dont leave me alone

  69. 70 nouraisyahrein March 27, 2009 at 8:41 am

    hi hi
    is there any one wanna share with me
    plzz i need great suggestion from u
    im in hard sadness

  70. 71 bang aryo March 27, 2009 at 1:55 pm

    assalamu’alikum
    apa kabarnya, ne aisyah, ko ngomongnya kayak gitu…? ok de aku temanin, tapi add dulu dong id ana, ok…. arya_yellow@yahoo.com.sg

  71. 72 penja pos March 29, 2009 at 4:22 pm

    baguss kompak2 alumni pondok
    eratkan terus tali persaudaraan
    tapi……….
    jgn lupa kalau datang kepondok bawa oleh2
    untuk abag yang dipos yaaa

  72. 73 Hamdani Purba March 30, 2009 at 9:24 am

    Kef hal kullukum, semoga tetap dalam ikatan ukhwah. ana mau nanya apa ada informasi tentang kawan2 kita yang mau berangkat ke Mesir, Hanif, Irwansyah,Mawaddah, dan Mukhlis, ana dengar katany mereka dah setengah tahun menunggu belum keluar visa, apa betul? buat alumni yang di Mesir Suniario, bang Rifai, Oki tolong dikonfirmaksikan ke PPMI atau brokernya tentang duduk permasalahannya. Soalnya ada sebagian yang sudah berangkat, tapi adik2 kelas kita belum juga, kasian mereka menunggu di Indo. Mari kita doakan ya moga mereka bisa dimudahkan Allah.

    AAM SUDAN

  73. 74 syem April 7, 2009 at 6:33 am

    Buat akhi wa ukhti : Hanif Fahmi, Irwansyah, Mukhlis & Mawaddah yang sabar ya… tiada kata lain yang bisa terucap selain doaku dan teman2 semoga antum dimudahkan segala urusannya dan sukses dalam menjalani hidup ini. Barangkali ada rahasisa besar dibalik yang telah terjadi,, tetap semangat saudaraku. amen.

  74. 75 wahyu( ajo ) April 7, 2009 at 5:50 pm

    ass,kwn kawan semua? a kabar?oya gmn dengan kabar pondok?yang pasti makin maju aja? o ya syem kpan anta balik ke kuala simpang lagi? apa sdh gk ingt lagi? jangan lupa ntar singgah krumah? oya aw kangen ni sm anak anak adzkiya,kpn donk ngumpul2 lagi ? tlg d ulangi lagi reuninya?angan lupa kasih tau gw ntr ?

  75. 76 syem April 8, 2009 at 2:41 pm

    Assalamualaiakum Wr.Wb
    Buat abangdaku Wahyudi,, ya gak mungkinlah begitu mudah melupakan kampung halaman… apalagi sama temen2 di kw. Simpang…
    InsyaAllah setelah pemilu nanti pulkam bentar satu hari aja.
    met ketemu nanti kita yang bang Wahyudi OK.

    Kabar buat temen2 MUJAIS angkatan 2003 MTs / 2006 MA, sahabat kita Reza Zelfisahadi yang tinggal di Kw. Simpang baru saja dianugerahkan Rahmat dari Allah berupa seorang anak. semoga menjadi Ayah yang baik dan dianugerahkan anak yang soleh ya za…..

    yang lain kapan ni menyusul…??? he he he

  76. 77 ISKANDAR PA April 12, 2009 at 1:30 pm

    please join me at : iskandarperanginangin@yahoo.com

    ASSALU ALAIKUM PARA ALUMNI AND SANTRI/AH PONPES KW. MADU.MG SELALU SUKSES DLM SGL AKTIVITASNYA….

  77. 78 MUJAIS April 12, 2009 at 1:44 pm

    Segenap Keluarga Besar
    MUJAIS – 03/06

    Mengucapkan:
    Selamat Berbahagia Menuju Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah kepada
    Abangda Dedi Hartoyo & Mbak Mila
    Ahad,12 April 2009

    ttd: Suwardiyamsyah dkk.

  78. 79 AISYAH April 13, 2009 at 8:31 am

    WAH BANG DEDI HARTOYO YAH
    AISYAH INGET TUH
    AISYAH Q G TAU YACH ACARANYA
    KETINGGALAN DECH
    LUMAYAN BISA MAKAN ENAK
    MAKLUM ANAK KOST
    TP
    YACH
    SELAMAT BANG DEDI
    SAYANG ISTRI
    BUKAN LISTRIK

  79. 80 AISYAH April 13, 2009 at 10:01 am

    OPEN THE WORLD BY READING
    http://nouraisyahrein.blogspot.com/
    as we know, the educarion in indonesia is running up. it is because of some factors that make our young generation clever, able to compete in the world and brave to face the future. one of the factors is reading.

    reading is the way to get better in education and to add our knowledge. it also stengthen our inteligencies and emotional equation. beside that we can also be a good communicator and finally we can be the best.

    start to move now before it comes too late and causes the regretness, in this era, there are aview students still stay ehind and ile but in the other side our nation has the good education system and the big fund has beeb spread. so what we’re waiting for?

    reading is the first step
    reading is the best way

  80. 81 ABRAR RAHMAN April 14, 2009 at 11:06 am

    asslamu’alaikum buat para alumni sekalian,Semoga sukses Selalu..
    Selamat berbahagia,Selamat menempuh Hidup Baru buat shohibku
    DEDY HARTOYO & MILA DANIATI..,
    Semoga Langgeng Terus sampai beranak cucu.

  81. 82 Hamdani Purba April 19, 2009 at 6:23 am

    Wah ada yang baru walihaman ya, mabruk buat dedi hartoyo semoga bisa menjalani hidup dengan penuh kebahagiaan dunia dan akhirta, jangan lupa lho doain kita2 yang masih pada……..

  82. 83 kiki syahrial April 21, 2009 at 3:42 am

    selamat buat dedy n mila

    masa lalu adalah kenangan
    masa depan adalah harapan
    sekarang adalah kenyataan

    buat mas poem makasihhh dahhhh mau traktir kita ke parapat
    kapan mau traktir lagiii

  83. 84 Ochey April 22, 2009 at 1:09 pm

    Tetep smangat y!!!
    klo’ emang mesir yg trbaik
    klen pasti akn secptnya menginjakkan kaki
    di ardhil anbiya’ne…
    insyaallah di balik smua ne
    ad sejuta hikmah yg trsimpan.
    seiring info jg yg qmi dpt kn mash smpang siur
    lom ad kejelasan yg pasti, ap yg sbenrnya menghmbt
    kebrangkatn kalian ke MESIR.

    keep spirit BWT:(Wanceh my pren,mawaddah,hanif,muklis)
    we’r always praying to u’r may Allah give the best…

  84. 85 abrar rahman April 23, 2009 at 10:30 am

    ass..anak party ke prapat g’ ngajak2 kami ya……!!?
    kapan ne kita bisa kumpul2 lagi…?
    asyik ya jalan2 nya….??

  85. 86 KIKI SYAHRIAL April 25, 2009 at 3:01 am

    Bukan ngak ngajak ketua….??????
    ketuanya aja yang sibukkk….
    ketua malam minggu t4 biasa JUADA

  86. 87 IKA - PMK May 7, 2009 at 1:58 pm

    segenap keluarga besar alumni pesantren modern muhammadiyah kwala madu (Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu) mengajak kita semua untuk turut memeriahkan acara perpisahan adinda kita angkatan 2009 (Asyihab) pada:
    Hari : Rabu
    Tanggal : 20 Mei 2009
    Pukul : 09.00 WIB s/d Selesai
    Tempat : Lapangan Basket NBA Mania, he he he…

    dan bagi yang pingin liburan bareng temen2 angkatan 2009 Rabu 20 Mei 2009 pukul 00.00 Go to Toba Lake dipersilahkan dengan biaya masing2 dan naik kendaraan masing2 juga,, hik hik hik

    salam dari kami buat Ikhwani wa Akhwati alumni kwalamadu semuanya:
    pengurus IKA PMK 2009-2012
    1. ketua : Ust. Mahfudi
    2. Wakil Ketua : Ust.M.Fitra Siregar
    3. Sekretaris : Suwardiyamsyah
    4. Wakil Sekretaris : Ummi Fitriawati,SPd
    5. Bendahara : Fatmaisari,SPdI

  87. 88 sunario May 7, 2009 at 2:18 pm

    wah pengen lagi ne ke toba lake, da lama nggak ke sana, kira2 da hmpir 7 tahun nggak ke sana hehehheheh, boleh juga tu ongkos masing2, tp…hik…hik…hik…biaya tiket ku tu ke indonesia lom cair lagi ne,…. doakan ya smg tiket ana bisa cair tahun ini, supaya bisa reuni bareng sama IKA-PMK… salam manis buat ust. mahfudi, ust. fitra, ustdzh. fitriawati, dan kak fatmai, salam manis dari sunario dan teman2 di kairo…hehehheheh

  88. 89 zulfan siahaan May 7, 2009 at 7:16 pm

    wahh, ustad mahfudi masih ada di kwala madu toh??
    bang fitra jadi ustad toh skrg?
    hahah!!

  89. 90 sunario May 8, 2009 at 4:23 am

    mereka ga di kuala madu bang, cuma mereka jadi pengurus ikatan alumni pondok aja, menggantikan si abrar…hehehhe

  90. 91 Hamdani Purba May 9, 2009 at 4:43 pm

    Selamat atas generasi baru kwala madu yang baru tamat, moga bisa mewarnai dan membawa perubahan segar di kampung masing2. Semoga rihlahnya sukses dan selamat, buat ustadz mahfudi, atas keikhlasannya menerima amanah ketua alumni, moga kita semua bisa soliiiiid ustad.

    Ustad mahfudi, ana rindu ama antum dah lama gak ketemu, masih ingat kan ustad ama ana. Anak asrama antum dulu, dan antum adalah wali kelas ana juga ustd, Jazakaallah ustad, dari antumlah ana banyak belajar, terutama mahfuzooot, he he he. Semoga kita bisa ketemu.

  91. 92 zulfan siahaan May 10, 2009 at 7:42 pm

    ow..ow,,,
    bu ermi safrina masih ada ga yahh?
    beliau jga guru mahfuzot loh ham! :)

  92. 93 irsal dkk May 11, 2009 at 6:10 am

    thanks a lot to my friend ochey mutia, alhmdlh kmi dh nympk dmsir, ternyta msir g’bd di indo, tp an ykin ni krn km bru aj nympk,tb2 kmi disguhi tho’mi bil baidh,aduh rsanya prut in mw ngluarin apa yg msuk, tp ana tw itu gzi bsar n bgus bwt kshtn.bwt tmn2 dmnpun brada ” kami yang bru nyampk dmesir” mengcpkan trma ksih bnyak ats doanya slm in bwt kami,n skrg al-azhar lg suasn ujian mhn do’a tmn2 mg km nazah fil imthn, dpt minhah (beasiswa)bsa msk asrm n fokus ngpal, bljar :irwansyah dkk. jzkmllah khru jz’

  93. 94 Heri Fadrianto May 14, 2009 at 8:42 am

    syukran jazila ‘ala ihtimamikum fi intsyari shauti ma’hadina al-’ashriy al Muhammadiyah fi kwala madu.

  94. 95 Heri Fadrianto, S.Ag, M.Ag May 14, 2009 at 8:54 am

    Assalamu’laikum Wr. Wb

    wahai shohabat irmawan dan irmawati pondok pesantren Muhammadiyah Kwala madu, boleh dong saya numpang jadi member dan ingin kenalan dengan seluruh member atau alumni ponpes Muhammadiyah Kwala Madu.

    perkenalkan frofil saya:

    Nama : Heri Fadrianto, S.Ag.M.Ag
    Alamat Kampung : Paya Mabar stabat Kab Langkat
    Alamat rumah : Perum Tiban Indah Permai Blok E.1 No. 08
    Kel. Tiban Indah Kec. Sekupang – Kota Batam
    Alamat Email : anto.herifadrianto@yahoo.com
    Blog Saya : herimedia.blogspot.com
    Hobby : Menulis opini di koran dan majalah
    Alumni : Pondok Pesantren Muhammadiyah Kwala madu
    tahun 1991.
    Telp : (0-778) 9184922

    oh ya, saya merupakan salah satu santri ponpes kwala madu angkatan pertama, yaitu angkatan tahun 1988. tapi sayang, aku gak bisa nerusin hingga tingkat aliyah karena ikut program MAPK di Kota Banda Aceh kuata tahun 1991 dan dibiayai oleh pesantren
    maaf lagi soalnya gak bisa turut ngabdi di ponpes karena saya harus bekerja dan nerusin pendidikan ke kota lahirnya Muhammadiyahn yaitu di kota Yogyakarta.
    Salam erat untuk semuanya, nun wal qalami wama yasturun – fastabiqul khairat,

  95. 96 kualamadu May 14, 2009 at 9:42 am

    Wa’alaikumsalam…
    Alhamdulillah kita dapat saudara satu lagi…

    Syukron ya akhi sudah mau gabung disini…
    Semoga bisa menjadi sarana Silaturahim kita…

    -Kualamadu-

  96. 97 IKA PMK May 14, 2009 at 2:32 pm

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Buat kakanda Heri Fedrianto,S.Ag,M.Ag met bergabung bersama rekan2 di kualamadu Community ini.

    mewakili ketua alumni saya akan sampaikan perihal antum saat ini kepad Ust. Mahfudi yang juga Alumni pertama ma’had almahbub, ia pasti akan merasa senang bila bersua dengan sahabat lamanya seperti antum.
    kepada kakanda heri saya merasa haru membaca kata2 pertama antum pada ta’aruf diatas, karna sampai saat ini kakanda yang sudah meraih gelar master kakanda tidak melupakan mottonya kader2 Muhammadiyah “Nun Walqolami Wama Yashturun” dan “Fastabiqul Khairot”, keduanya merupakan kalimat yang dapat membangkitkan semangat juang generasi Muhammadiyah terutama para irmawan irmawati dan immawan dan immawati (IRM & IMM), saya yakin antum punya banyak kisah dan pengalaman besar dalam dua pergerakan ini.

    berbagi cerita ok..

  97. 98 Hamdani Purba May 14, 2009 at 2:41 pm

    Ahlan Wa Marhaban buat Bang Heri di komunitas kita ini, kayaknya ana juga pernah dengar nama antum bang di cerita abang2 kelas kami dulu seperti bang Bagindo, Yusmiadi dan lain, jangan lupa tetip doa bang ya untuk kita, semoga antum juga selalu sukses

    • 99 Heri Fadrianto, S.Ag, M.Ag May 15, 2009 at 7:18 am

      Nilai-nilai Filosofis “Nun Walqalami wa maa yasturun” dan “Fastabiqul khairat”

      Kedua motto tersebut selalu saya ingat dan menjadi landasan bagi hidup saya untuk terus berkiprah memberikan kontribusi bagi ummat, khususnya umat Islam.

      kedua motto tersebut sangat sarat dengan nilai-nilai filosofis cerdas agar umat islam bisa berperan banyak dalam aktivitas sosial masyarakat. “nun wal qalami wa maa yasturun” adalah simbul dimana kita harus menjadi generasi yang certas, terampil dan bisa mewarnai fikrah umat manusia secara universal, yaitu kemaslahatan hdup di dunia dan akhirat. Artinya, seorang pribadi muslim harus bisa tampil membawa panji kebenaran, keadilan, kejujuran dalam setiap sendi kehidupan.

      sedangkan motto kedua: “fastabiqul khairat” adalah simbol bahwa semua nilai-nilai kebenaran, keadilan, kejujuran dan kasih sayang serta nilai-nilai universal kemanusiaan lainnya harus dilaksanakan dengan segera. artinya berbuat baik jangan ditunda-tunda.

      integrasi kedua motto tersebut, khususnya bagi para aktivis muhammadiyah harus menjelma menjadi cahaya atau sinar matahari yang membawa kehangatan, keselamatan, dan kemaslahatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Tentunya tetap dalam bingkai tauhid yang tergambar dari simbol syahadatain.

      Bentuk implementasi yang lebih luas, ke depan Muhammadiyah harus bisa menjadi kekuatan yang dapat memberikan perubahan bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan, pembangunan ekonomi kerakyatan, politik yang bersih dan pemerintahan yang bebas KKN.

      “Hidup-hidupilah muhammadiyah, dan jangan sekali-kali mencari penghidupan di dalam muhammadiyah”. Artinya, muhammadiyah hanyalah sekedar sarana untuk berbuat dan wahana untuk mengadakan pebaikan dalam segala bidang. organisasi Muhammadiyah diharamkan untuk dijadikan sebagai kendaraan politik seseorang, apalagi sampai menjual nama muhammadiyah untuk kepentingan golongan tertentu.

      Pendek kata semua simbol organisasi yang ada di Muhammadiyah adalah untuk melaksanakan perubahan di pentas dunia (indonesia pada khususnya), yaitu : menyuruh berbuat baik, melarang berbuat munkar dengan tetap beriman kepada Allah.
      makna ketiga syarat yang berasal dari ayat alqur’an surat al-imran tersebu, yakni: menyuruh berbuat baik/ta’muruna bil ma’ruf adalah sebagai bentuk humanisasi agar manusia kembali kepada awal hakikat diciptakan oleh Allah.

      Kedua: tanhauna ‘anil munkar adalah sebagai bentuk liberalisasi, yaitu memerdekakan manusia dari jurang kesalahan, membebaskan manusia dari belenggu perikehidupan yang anti tauhid, seperti korupsi, penindasan dan tindak kesewenang-wenangan.

      sedangkan ketiga, tu’minuna billah adalah sebagai bentuk transedensi, dimana segala bentuk gerakan harus bertitik tolah dari tauhid, yaitu iman kepada Allah.

      Wah.. kalau ana bisa menyampaikan ceramah umum di pondok bisa heboh nih, and tentunya bisa membakar semangat irmawan dan irmawati di pondok kwala madu.

      ok…syukkran
      bisa numpang nulis diselah-selah kesibukan kerja.

      nun walqalami wamaa yasturun-fastabiqul khairat

  98. 100 waghyudi( ajo) May 15, 2009 at 2:49 pm

    ass bang sunario?…….. oya gmn kabarnya?.. mdh2an sht ya,,,,,,,,/ bang ana mau nanya elisa adik angkat bang?…. bisa donk?…….bang brp tahun lagfi ni selesai?…..gk kangen ni sama kota brandan tercinta?…..o ya jangan lupa. bang sama anaz/…..? kalau kemari ole22nya?……..

    • 101 sunario May 15, 2009 at 5:26 pm

      ya begitu deh, namanya juga perjuangan yang jauh dari negri sendiri menyepi di negeri orng demi sesuap ilmu dan nasi…doakan abng ya, smg bisa cepat pulang…dan ketemu sama smua teman2, adek2, dan keluarga…trims..sell forever..ya wahyudi (ajo)

  99. 102 wahyudi ( ajo ) May 18, 2009 at 1:05 pm

    i yadeh ,ana akan sllu doakan bg, smg cpt slesai?…amin amin?……..oya bang tapi jangan lupa ya dengan ole2 nya?….oke ana tggu?…….. bang gmn dengan kabar kwan2 dsna?.sht kan?………?

    • 103 sunario May 18, 2009 at 3:06 pm

      ma kasih doanya, yups, kl abng ga lupa sama wahyudi, nnt abng bawakan oleh2nya heheheheh…smua teman2 baru baek2 aja dan sehat2 aja ko, doakan aja smg mereka betah tinggal di sini

  100. 104 Doo_Wee Adzkiya June 3, 2009 at 5:22 am

    Assalamu’alaikum……..
    kaifa halukum ikhwatii…..??????
    ana Dwi. alumni Adzkiya…. mudah2an masih ingat yach.
    boleh ikutan gabung kan!!Alhamdulillah ya, akhirnya ada juga wadah silaturrahim tuk alumni,semoga ukhuwah ini akan tetap terjaga yach, walaupun masing2 qita udah sibuk dengan urusannya masing2.
    oh ya, gimana ni kabar pondok sekarang???

  101. 105 sunario June 3, 2009 at 11:17 am

    wa’alaikum salam

    salam kenal buat almamater adzkiya dari almamater party, apa kabarnya smuanya ne? moga pondok tercinta kita ttp dalam keadaan sehat wal afiat.

  102. 106 sun aryo July 2, 2009 at 4:27 pm

    assalamu’alaikum wr.wb

    da lama yah ana tak bersua sama teman2 alumni dalam forum ini. apa kabarnya smuanya neh? ko sekrng blog forum alumni makin sepi aja. da pada lari ke fb smuanya yah, atau da pada sibuk liburan kuliah, jadi lupa mnyempatkan diri tuk liburan di blog ini..hehehe
    so…met liburan smuanya ya teman2, mudah2an liburan tahun ini menyenangkan dan tidak ada yang kecewa…hehehe:) :) :)

  103. 107 MHD.RIDHO August 24, 2009 at 8:44 am

    emang benar ilmu terasa kalau sudah keluar dari sumbernya,
    tidak terasa beberapa tahun aku jalanin bersama pondok tercinta
    sedih,senang, menjadi kenangan yang takkan terlupakan.
    makasih pondok

  104. 108 wahyudi( ajo ) September 3, 2009 at 4:00 pm

    ass dwi (aseh ) smbg skrang, kok baru muncul di forum, o ya gmn, tgl d banda aceh, so pasti enakkan? pa lagi cowok2nya ganteng dan manis2kan? oya kapan2 kalau ada reuni khusus adzkiyah datang dong,soalnya dwi yang di tggu2? wi ana mau nanya? kapan lagi ni?

  105. 109 maswardin tanjung September 7, 2009 at 10:46 am

    woiiiii seangkatanq 94 kok pada g ada kabarna nich ,,,,,

  106. 111 IKA PMK September 27, 2009 at 5:46 pm

    UNDANGAN BUAT SELURUH TEMEN2 ALUMNI KWALA MADU

    Assalamualaikum, Wr.Wb.

    diharapkan kehadirannya pada acara Silaturrahim Syawal (halal bi halal) Alumni Ponpes Kwala Madu, yang dilaksanakan pada:

    Hari/Tanggal : Sabtu/ 03 Oktober 2009
    Pukul: 10.00 s/d Selesai
    Tempat : Pondok Pesantren Kwala Madu (yuphs, pastinya belum pindah loh pondok kita…)

    datang ya temen2…

    ttd.
    Mahfudi Syem
    ket. Alumni

  107. 112 SYEM September 27, 2009 at 6:02 pm

    UNDANGAN PERNIKAHAN

    Assalamualaikum, Wr.Wb

    diharapkan kehadiran temen2 Alumni Ponpes Kwala Madu pada acara Walimatul Ursy sahabat kita:

    SUTI RAHAYU (Alumni 2006/ MUJAIS)

    Hari/Tanggal : Sabtu/ 03 Oktober 2009
    pukul : 10.00 s/d Selesai
    Tempat : Pasar bengkel Tandem

    bagi antum/na yang da waktu luang, kita ngajakin temen2 berangkat setelah acara Silaturrahim Syawal yang diagendakan Ust. Mahfudi selaku Alumni Pertama yang pernah menjadi Musyrif sekaligus Staff pengajar di Ponpes Kwala Madu, dan kini beliau mencuba untuk membangun solidaritas seluruh Alumni dari angkatan pertama hingga sekarang serta kekuatan militansi agar aktivitas (acara) Alumni tidak lagi dipandang sebelah mata oleh pihak manapun dengan menjadi Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Alumni Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu berdasarkan kesepakatan bersama pada Reuni Akbar beberapa bulan yang lalu.

    mari sobat kita dukung Apresiasi yang baik ini, untuk membesarkan nama Alumni/ almamater tercinta.

    ttd.
    Syem

  108. 113 cesper October 12, 2009 at 1:50 pm

    sory bos rumah ane jauh di jakarta bang mahpudi punya no hp sogot,leli oktavia adik faisal amri anak susu,mardian sory lebaran ini ane gak pulang kemedan

  109. 114 cesper October 12, 2009 at 1:57 pm

    sory syem gue ngomong nya ceplos2 emang khas aku anak lama pasti kenal nama cesper gak percaya tanya mahpudi gua satu tempat tidur ama dia

  110. 115 Dwie October 13, 2009 at 7:51 am

    assalam…

    forum ni kok makin sepi aja ya ??? kayaknya rakyatnya dah pada hijrah ke FB ya…

  111. 116 IRM Ponpes Kembali Dilantik October 16, 2009 at 2:47 pm

    Assalamualaikum akhi wa ukhti fillah…

    Ahad, 18 Oktober pukul 09.00 wib lusa
    adinda2 kita akan menggelar pelantikan PR IPM (dulunya IRM) di aula ponpes tercinta,
    wajah baru leader2 masa depan kembali tampil dihadapan, mengemban amanah perjuangan, membangun peradaban, serta menjunjung nilai2 persaudaraan. kiranya top leader yang terpilih untuk periode 2009-2010 kedepan adalah pejuang-pejuang yang santun, cerdas, amanah dan bekerja ikhlas.

    mari doakan, agar dari tangan mereka mampu membawa kebaikan bagi ponpes dan diri mereka senidiri.

    teman2ku alumni sekalian, abang.. kaka’.. dimanapun dikau berada…
    almamater kita butuh karya nyata bukan karya kata,
    tunjukkan bahwa cintamu tak hanya dihati… iringi dengan realisasi wa alaikum asta’fi…

    selamat & sukses PR IPM PonPes 2009-2010
    dari: Sekum PD IPM Kota Binjai (Syem)

  112. 117 Dwie October 19, 2009 at 6:31 am

    Assalam………
    selamat & semoga sukses ya adik2qu…
    selamat melanjutkan estafet perjuangan ini,.
    Biarlah diri menangis, terluka dan kecewa, asal tetap berada di jalan Allah. semoga setiap tetes air mata dan darah yang mengiringi perjalanan juang ini akan menjadi mahar untuk masuk ke Jannah-Nya… Amiin..

    selamat berjuang… Allahu AKbar !!!! n_n
    ( semoga ini bs menjadipenyemangat tuk kalian ya!!! )

  113. 118 Fulan November 24, 2009 at 4:54 pm

    Assalaamu’alaikum

    untuk tambahan pelengkap blog ini bisa ditambahkan posisi pesantren di map google nggak ya?? biar kerreeen..

  114. 119 syem November 29, 2009 at 4:42 pm

    titip salam pak Effendi Lubis buat seluruh alumni. syukron.

  115. 120 yana December 5, 2009 at 12:52 pm

    assalamu’alakum
    akhi ma ukhti mua-a. kangen nich, kira” kapan ya alumni akbar yang akan datang diadakan? nich ane yana alumni pon-pes kw.madu juga,dari marhalah asy-asyihab 2008-2009. salam kompak, dan kuatkan ukuwah islamiah diantara kita. mudah-mudahan kita masih dalam lindungan Allah amin………

  116. 121 arya January 10, 2010 at 7:21 pm

    hemmm..smuanya apa kbr alumni kualamadu?

  117. 122 muhammad kholil January 24, 2010 at 2:49 pm

    salam sejahtera buat smua alumni ponpes kuala madu maupun yg msh belajar…….siap salah Ndan….tentunya yg paling utama sekali salam sejahtera buat buya..ustat’ustajah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,”””””””’buat smuanya jika main ke aceh tamiang tepatnya di kuala simpang jgn lupa singgah ke Polres ACEH TAMIANG……skrg saya dinas di Tamaing……Kanit Patroli

  118. 126 muhammad kholil January 24, 2010 at 2:56 pm

    arya leting ke berapa……..

  119. 127 muhammad kholil January 24, 2010 at 3:02 pm

    mana ni tamatan aliyah thn 1998…keluar lah dari persemedian…..olil..085261940007

  120. 131 arya January 25, 2010 at 11:06 am

    nama ane sunaryo..masuk mts thun 1997 bang, tamatn 2003…

  121. 132 surya atmaja February 7, 2010 at 11:47 pm

    Jika ini adalah wadah….., sendoknya mana, garpunya mana…. biar tak makan tuh para alumni yang gak tau ni…..

  122. 133 adLy rahman May 8, 2010 at 2:34 pm

    Hidup itu harus hebat, kuat, luas, besar, dan bermanfaat; … yang sederhana itu adalah sikap-nya.

  123. 136 Rinaldi May 16, 2010 at 7:42 pm

    ternyata silaturahmi ini diawasi dan diamankan oleh bg Kholil, mantap.,., :)
    bg Kholil…aq kelas I tsa (1996), abg tu kelas VI alyh, aq naek kelas II tsa, abg tu udah cabut,,,ya wajar juga klo abg lupa.,dah lama sih.,.

    izin menghadap lah ntar yo bg klo ke Tamiang.,hahaha

  124. 137 herry setia wan May 23, 2010 at 7:01 am

    sekarang ku meeerindukan mu ponpeeees………….

  125. 138 Muhammad Iqbal Ritonga August 11, 2010 at 2:01 pm

    Assalamu’alikum semuanya…

  126. 139 refizal fahmi August 22, 2010 at 7:08 am

    punya alamat zul fadli g ya?…..

  127. 140 ramdani August 23, 2010 at 4:42 am

    salam…teman2 buya sufriadi mau ikutan gabung di blok ini…ayo rame2 kita sambut…
    beliau minta ajarin ana ngaplot photo ana ga tau gmna caranya?????
    ajarin dunk….

  128. 141 refizal fahmi August 25, 2010 at 7:48 am

    Assalamu’alaikum, semuanya,..ikut gabung boleh donk…

    Nama : Refizal Fahmi, S.TP
    Alamat rumah : Tegalrejo TR.III/396 RT.013 RW.006 Tegalrejo,Yogyakarta
    Alumni : Pondok Pesantren Muhammadiyah Kwala madu
    tahun 1998.
    madrasah : Tsanawiyah
    nomor HP : 081328407075
    universita : Universitas Mercu Buana Yogyakarta/Teknologi Pangan

  129. 142 adLy January 22, 2011 at 6:24 am

    nUmpang Lewat ya akhi akhi nan ganteng ganteng wa ukhti ukhti nan cantik cantik…

    Assalamu’alaikum, semuanya,..(ane ikut gabung boleh Jga donk…)

    ismi : Adly rahman

    • 143 kualamadu June 11, 2011 at 2:24 am

      Wa’alaikumsalam…

      Silahkan bang Adly :)
      tapi jangan cumak lewat aja la bang…
      ikutan isi data alumni juga la ya bang…
      biar rame alumni pondok kita..

      Oke…

  130. 144 asyikin zebua June 2, 2011 at 11:53 am

    assw..
    smoga keberkahan slalu dilimpahkan buat seluruh alumni ponpes, salam hangat penuh cinta n satu tujuan dlm cahaya islam.

  131. 146 Delfi March 19, 2012 at 6:26 am

    samlekum….

  132. 148 Madu Rizal March 20, 2012 at 9:44 am

    ,,salam,, saya alumni ke V di pondok mewakilinya semoga reunian III kemaren memberi arti yang baik untuk kita semua. oh ya alumni V hubungi aku ya di madu rizal di facebook.. terima kasih

  133. 149 sifa June 19, 2012 at 10:19 am

    salam kenal semuanya q sifa dari lampg

  134. 151 Aq Luckyan August 12, 2012 at 4:34 am

    Hallo all my friend’s???
    Nama aq: Wahyu Luckyan Sarif Tanjung
    Angakatan : Tsanawiyah 2003
    No Hp. 0853 2044 4567
    Alamat sekarang: Jl. Dr. Susilo I No.16 Grogol-Jakbar & Jl. Sekelimus Utara No.58 Terusan Buah Batu Bandung-Jabar

    “Temen2, kalau ad reuni lagi, ajakin gue ya…
    insya allah ane bkal dteng, soalny ane kangen bgt sma kalian all my friend’s…
    thank’s”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




FOLLOW @kualamadu

Brighter Planet's 350 Challenge

Statistik Blog

  • 38,253 hits
Add to Technorati Favorites

%d bloggers like this: