Peristiwa 5 Maret 2004

Kayak nya gak ada yang bisa lupa deh sama kejadian ini, soal nya kejadiannya nih semacam ada unsur heroic-heroic nya gitu. Gimana gak? Soalnya waktu tuh ada semacam adu otot gitu atau bisa dibilang juga perang antara santri kelas IV dan kelas V. Sebenarnya yang bermasalah santri nya, tapi ya karena nama solidaritas dan kesetiakawanan yang tinggi santriahnya juga ikut-ikutan perang, tapi perang dingin. Gak tau juga sih apa sebab awalnya bisa kejadian seperti ini, soalnya banyak versi dan tiap-tiap pihak ngaku kalo pihaknya lah yang bener.
Kejadiannya tuh jum’at pagi tanggal 5 maret 2004. Wah….. pokoknya ngeri deh kalo ngebayangin hal itu lagi. Tapi banyak ibroh lah yang bisa diambil setelah kejadian itu, yang pasti kita harus saling memahami dan mencintai sesama saudara. Dan alhamdulillah juga kejadian itu gak pernah diungkit lagi sampai sekarang, ya………. dianggap sebagai kenangan aja. Dan alhamdulillah ukhuwah kita juga tetap terjalin kok. Kenangan di pondok emang gak ada abis nya. Teriring salam deh buat temen2 Mujais dan kakak2 Adzkiya.

6 Responses to “Peristiwa 5 Maret 2004”


  1. 1 sunario January 2, 2009 at 1:40 pm

    masak ada kejadian seperti itu lagi. kenapa kejadian seperti itu terus terulang di pondok kita. siapa se yang sebenarnya yang salah???

  2. 2 àÑåñmØé January 3, 2009 at 3:52 am

    menurut saya sih kejadian itu cuma salah paham yang gak tentu n dipenuhi keegoan dari semua pihak yang terlibat..

    semua bicara tentang solidaritas tapi semua juga lupa kalau mereka seharusnya masih punya solidaritas sebagai sesama santri pondok.. itu seharusnya lebih di utamakan…

    tapi menurut saya awalnya seh semua berawal dari salah paham antara santri kelas III yang merasakan kesewenang2an santri kelas V jauh sebelum peristiwa itu..

    hingga tiba pagi itu ketika kesewenang2an tersbut berada d puncaknya dan menyangkut keselamatan salah seorang teman kami di kelas III

    lalu terjadilah peristiwa itu… dan mungkin santri kelas IV kasihan melihat adik2ny maka mereka membantu…

    jadi sebenarnya yang punya masalah adalah kelas III dan V.. tapi ya saya salut juga dengan kelas IV yang malah mau ikut terlibat dalm masalah itu… yang tentunya juga memiliki resiko tersendiri..

    saya tidak ada maksud menyudutkan siapapun, tapi setidaknya itu yang saya ketahui tentang kejadian itu karena saya juga termasuk orang yang terlibat di dalamnya..

    tapi setidaknya kita bisa mengambil hikmah bahwa semua masalah yang diselesaikan dengan otot akan menambah masalah baru lagi… kita juga berdoa agar kejadian seperti itu tidak terjadi lagi kedepan…

    toh!? kini semua pihak yang berseteru dan maupun yang saling mendukung saat itu, ketika bertemu sekarang juga terlihat lebih mementingkan solidaritas sebagai sesama alumni pondok dari pada solidaritas semu sebagai sebagai satu angkatan..

    semoga peristiwa itu dapat kita jadikan pelajaran ke depan…

  3. 3 Syuhada'03 January 6, 2009 at 10:50 am

    Saya baru tau ada kejadian sperti itu..lagi, mudah-mudahan tidak menjadi warisan bagi adik-adik kita selanjutnya..
    mudah-mudahan adik-adikku yang telah mengalami kejadian itu.. saat ini dapat mengambil hikmah dan maknanya.. yang namanya kekerasan dan permusuhan tidak akan menyelesaikan masalah.
    asam manisnya kehidupan pondok akan selalu menjadi kenangan yang berbuah rindu.

  4. 4 zha January 11, 2009 at 2:27 am

    inget sangat…bahkan peristiwa itu buat kita sedih sekali..ntah pa yg difikirkan teman” saat itu..yg pasti,,,kejadian itu gag bole terulang…harus bisa lebih mengendalikan emosi…

  5. 5 ramdani January 25, 2009 at 12:20 pm

    KEJADIAN 5 MARET TAKKAN TERLUPAKAN BAGI TEMANTEMAN MUJAIS,AL-AZDKIA DAN ALGHORDHU.KARNA MAEREKALAH PENCETUS PERANG SAUDARA ITU.TAPI PERLU DI KETAHUI JUGALHO LAGU MARS MUJAIS ALUMMNI 2006 TERINSPIRASI DARI KEJADIAN ITU.MAKA TEMANYA ADALAH “HAPUSKAN KEZHOLIMAN.MOGA TETAP JAYA SLALU PONDOKKU TERCINTA.

  6. 6 dinda wulansari September 26, 2009 at 6:38 am

    insiden 5 maret msih diingat lah..

    wlupn al_ghordu cm ikut abg2 mujais yg wktu itu lg kompak2nya tp km punya alasan knapa mau terlibat,yah.. nmanya jg darah muda asalkan berakhir damai jadiin kenangan aja smasa hdp di ponpes trsyang

    spirit ya buat yg lg berjuang nyelelesaiain kul akhir nya..**


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




FOLLOW @kualamadu

Brighter Planet's 350 Challenge

Statistik Blog

  • 54,747 hits
Add to Technorati Favorites

%d bloggers like this: